HIMNI Datangi DPR RI

Hanafi Rais Dan Siti Sarwinda Berjanji Akan Perjuangkan Aspirasi Masyarakat Kepulauan Nias

Puluhan warga Kepulauan Nias yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Saat mendatangi Gedung DPR RI, Rabu (31/1)***
MEDIATRANSNEWS,  JAKARTA - Puluhan warga Kepulauan Nias yang tergabung dalam Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) mendatangi Gedung DPR RI, Rabu (31/1). Kedatangan mereka guna meminta dukungan untuk membentuk Provinsi Kepulauan Nias.

“Kedatangan kami meminta dukungan kepada DPR untuk mendukung Kepulauan Nias menjadi provinsi. Semua syarat untuk membentuk provinsi sudah kami penuhi,” ujar Juru Bicara HIMNI Faigiziduhu Ndruru.

Faigiziduhu menjelaskan, alasan Kepulauan Nias harus dimekarkanmenjadi provinsi karena letaknya yang jauh dari pusat pemerintahan, memiliki potensi alam khususnya pariwisata dan perikanan, masuk dalam kategori daerah tertinggal, dan merupakan wilayah terluar yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Rombongan HIMNI diterima oleh Fraksi Partai Amanat Nasional yang diwakili oleh Wakil Ketua Umum Hanafi Rais dan anggota Komisi II Siti Sarwinda.

Dalam pertemuan tersebut, Hanafi Rais menyebut di daratan Sumatera tinggal Kepulauan Nias yang belum dijadikan provinsi. “Di Sumatera ada Riau dan Bangka Belitung yang sudah jadi provinsi. Tinggal Nias yang belum.

Jadi sudah tinggi waktunya parlemen dan pemerintah memberi perhatian,” ujar Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini. Senada dengan Hanafi Rais, Siti Sarwinda berjanji akan berusaha memperjuangkan aspirasi masyarakat Kepulauan Nias yang ingin membentuk provinsi tersendiri.

“Saya berkonsentrasi untuk wilayah pemekaran daerah kepulauan. Kepulauan harus dipisahkan dari provinsi. Kepulauan harus diberikan perlakuan khusus. Lebih baik harus dijadikan provinsi tersendiri,” ujar Siti Sarwinda.

Selain Fraksi PAN, rombongan HIMNI juga diterima oleh Fraksi PDIP yang diwakili oleh anggota Komisi II Sirmadji. Sirmadji menyambut baik dan mendukung Kepulauan Nias untuk dibentuk menjadi sebuah provinsi.

“Fraksi PDIP berkomitmen menempatkan pemekaran provinsi nias sebagai prioritas utama,” ujar Sirmadji. (h02/C/Mtnc)***

TERKAIT