Danramil 02 Menjadi Salah Satu Pembicara

Diminta Pembicara di UPP, Begini Cara Danramil 02 Rambah

Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi Saat menjadi salah satu pembicara pelatih Materi Pancasila dan Bela Negara***
MEDIATRANSNEWS, ROHUL - Danramil 02 Rambah Kapten Arm Alza Septendi menjadi salah satu pembicara pelatih Materi Pancasila dan Bela Negara dalam Sosialisasi yang dilaksanakan di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pasir Pengaraian (UPP) Kecamatan Rambah Hilir Kabupeten Rokan Hulu (Rohul), (7/8/2017).
 
Melalui layar lebar yang disiapkan oleh panitia, Danramil 02 Rambah menampilkan sejumlah slide gambar dan tulisan yang memberi informasi serta menggugah hati dan semangat para mahasiswa.
 
Disesi pemberian materi Danramil 02 Rambah menyampaikan bahwa ada tiga unsur dalam pembentukan negara. Dan sebagaimana telah disampaikan dalam UUD 1945 tentang hak dan kewajiban bela Negara.
 
“Pembentukan suatu Negara terdiri dari tiga unsur, yaitu adanya wilayah, rakyat atau penduduk, dan pemerintah. Tanpa tiga unsur itu tidak mungkin akan terjadi atau berdiri suatu Negara,” jelas Kapten Alza, senin (07/08/2017).
 
Lanjutnya, (Kapten Arm Alza Septendi) “bahwa terdapat nilai-nilai atau landasan yang dikembangkan dalam bela Negara, yakni (1) cinta tanah air, (2) sadar berbangsa dan bernegara, (3) yakin pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, (4) rela berkorban untuk bangsa dan Negara, dan (5) memiliki kemampuan bela Negara”, bebernya.
 
Danramil 02 Rambah juga mejelaskan bahwa tiga pilar utama bela Negara yaitu Pancasila, UUD 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika, yang diterapkan dalam tataran hidup perseorangan, tataran dalam masyarakat, dan tataran dasar dalam berbangsa dan bernegara.
 
“Tanamkan dalam hati kita NKRI, Merah Putih adalah lambang Negaraku, dan Garuda Pancasila adalah lambang Bhinneka Tunggal Ika kita. Berbagai macam suku, agama dan bahasa, tetapi tetap satu dari Sabang sampai Merauke. Negara manapun tidak bisa menggoyahkan itu. Jaga itu semuanya”, tegas Kapten Arm Alza.(Koptu Dedy Nofery. Samosir)***
TERKAIT