Organisasi Suku Nias Telah Terbentuk Sejak Tahun 1972

Polda Riau Silaturahim Di Sekretariat DPP PKNR Jelang Pilkada Serentak

Pertemuan silaturahim Dit. Intelkam Polda Riau bersama DPP IKNR/PKNR di Sekretariat DPP IKNR, Lt II Kantor Gesit, Jln. Nangka Ujung, Kota Pekanbaru. Jumat, 4/10/24. (Ft: Pengurus DPP PKNR) ***

PEKANBARU, (MTNc) - Polda Riau melalui DitIntelkam mengunjungi kantor Sekretariat DPP PKNR (Perkumpulan Keluarga Nias Riau), diterima langsung oleh Ketum DPP IKNR/PKNR beserta jajaran, di Gesith Talabu, Jln Nangka Ujung, Kota Pekanbaru. Jumat, 04/10/24.

Pada pertemuan diawali pembukaan oleh Sekum IKNR/PKNR, Herman Zai, sekaligus memperkenalkan satu persatu jajaran DPP PKNR di hadapan tamu Polda Riau.

Selanjutnya sambutan Ketum PKNR Aliyus Gulo, menyebutkan menyambut baik dan bangga sekaligus merasa terhormat bahwa Polda Riau mengunjunji DPP PKNR.

"DPP IKNR/PKNR merasa terharu, terhormat karena Polda Riau dalam hal ini Dit. Intelkam Polda Riau mengunjungi kami dikantor sekretariat ini. Tentu niat baik ini kami sambut dengan baik dan sukacita. Seperti apa nantinya Dialog/diskusi kita DPP PKNR siap mendukung apa program dari pada polda riau demi terciptanya setuasi aman, kondusif ," kata Aliyus Gulo.

Pada kesempatan itu, Aliyus Gulo yang baru terpilih di Mubes Ke-V DPP PKNR pada bulan Juni 2024 yang lalu, menjelaskan sejarah singkat IKNR/PKNR mengingat beberapa dinamikan organisasi yang mengatasnamakan suku nias di Riau.

"Oraganisasi suku nias di Riau sudah berdiri sejak 1972, beberapa ganti nama sebagaiman regulasi dari jaman ke jaman, selanjutnya sejumlah tokoh masyarakat nias riau saat itu tepat tahun 2004 diubah nama menjadi IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) guna.men sejajarkan dengan suku lainnya yang ada di riau, dan pada Tahun 2020 lalu diubah nama menjadi PKNR (Perkumpulan Keluarga Nias Riau) sesuai regulasi dari pemerintah, dari historis itu termasuk perubahan-perubahan nama telah dicatatkan didalam AD (anggaran dasar) PKNR telah diakta notariskan dan hingga SK Menkuham" terang Aliyus Gulo.

Ditambahkan Alyus Gulo, sejak Tahun 2004 kalau organisasi suku nias itu di riau eksis selalu menggelar MUBES (Musyawarah Besar) setiap berakhirnya masa periode kepengurusan sebagaimana yang tertuan didalam AD/ART, untuk memilih pengurus baru.

"Sejak Tahun 2004 diterapkan aturan organisasi sesuai AD/ART, yakni MUBES (Musyawarah Besar) setiap akhir periode, ada tiga pekerjaan besar setiap Mubes yakni, program, pemilihan pengurus dan perubahan AD/ART. Puji Tuhan Mubes yang kemarin sudah Mubes Ke-V sejak tahun 2004 dan berjalan sukses setiap agenda," sebutnya.

Menurut Ketum PKNR terpilih. Kendati beberapa tantangan dan rintangan, karena dirinya juga yang dipercaya disalah satu BUMN, bahwa hal itu sesuatu hal biasa di era demokrasi saat ini. Untuk itu kami berpesan, ormas yang mengaku suku nias di riau alangkah baiknya melihat Notaris pendirian lebih dahulu sebagai bahan pertimbangan bagi semua pihak," jelas Bung Ali  nama sapaan sehari-harinya.

Sementara itu, Dit. Intelkam Polda Riau AKP. M. Ari Surya SH, menyampaikan maksud dan tujuan Silaturahmi kepada pengurus  DPP PKNR.

"Terima kasih atas sambutan yang luar biasa ini, kadatangan kami disini tiada lain untuk membawa pesan dari bapak Kapolda Riau, guna untuk saling mengenal satu dengan yang lain, terlebih-lebih menjelang Pilkada Serentak di Riau, harapan aman, damai dan kondisif" kata M. Ari.

Masih menurutnya, menjelang Pilkada serentar di Riau, bapak Kapolda Riau mengajak semua elemen masyarakat yang ada di Riau untuk saling menjaga kondisi aman jelang pilkada dan setelah pilkada.

"Ini kunjungan kami ke sebelasan dari semua etnis suku yang ada di Riau. Menyampaikan salam dari Bapak Kapolda Riau kepada DPP IKNR/PKNR, seraya mengajak PKNR/IKNR untuk saling menjaga Kamtibmas, yang kondusifitas keamanan selama pilkada serentak diriau demi menjaga kelancaran pesta demokrasi dinegara kita dan di provinsi Riau khususnya. Sekali lagi, terima kasih kepada DPP IKNR/PKNR telah siap mendukung program Polda Riau. Mari kita tingkatkan koordinasi kedepan untuk kelancaran silaturahim demi kebaikan bersama.

Dan juga, terkait beberapa hal penting yang diuraikan diatas tadi oleh pak Aliyus Gulö Ketum PKNR, seputar sejarah singkat berdirinya IKNR/PKNR.

"Kami menjadi sangat mengerti memahami sekaligus apresiasi atas kekompakan pengurus hingga telah terlaksananya Mubes ke-V beberapa bulan yang lalu, dan sukses selalu buat DPP IKNR kiranya menjadi panutan bagi warga kita Nias dan masyarakat  Riau pada umumnya," tutup M. Ari.

Selain M. Ari utusan Polda Riau juga yang turut hadir Bripka Zulkifli T dan Ichsan SH, dan juga selain Ketum PKNR. Turut hadir Ketua I Yeremias Duha, S.Kom. M.Kom, Rony Bate'E, Herman Zai, Ketemuhan Daeli, Mawardin Tel, Amponiman Bate'E, Rizaman Zai dan Hendrik Ahmad Gea. Lalu diakhir pertemuan diskusi ditutup dengan foto bersama. (Red/RB) ***

TERKAIT