Dalam Rangka Meningkatkan Indeks Kualitas Pengisian JPT Di Instansi Pemerintah

Plt. Sekda Bengkalis Ikuti Sosialisasi Pengawasan Proses Pengisian JPT Dari KASN

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra TH, Kamis, 13/7/2023. ***
BATAM, (MTNc) - Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis dr Ersan Saputra TH didampingi Kepala BKPP Kabupaten Bengkalis Djamaluddin menghadiri sekaligus mengikuti sosialisasi pengawasan proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) dalam rangka meningkatkan indeks kualitas pengisian JPT di Instansi Pemerintah. Kamis, 13/7/2023, bertempat di Aula Engku Hamidah, Lantai III Kantor Walikota Batam.

Kegiatan Sosialisasi Penyelenggaraan JPT tersebut dibuka oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) diwakili Anggota KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah II Agustin Fatem serta dihadiri Walikota Batam yang diwakili Asisten Administrasi Umum Heriman.


Dalam arahannya Ketua KASN melalui Anggota KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah II Agustin Fatem mengatakan Komisi Aparatur Sipil Negara diberikan wewenang untuk mengawasi setiap tahapan proses pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi, hal tersebut sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

"Seperti kita ketahui bersama, KASN memiliki tugas untuk mengawasi pelaksanaan nilai dasar, kode etik, kode perilaku, dan netralitas, serta penerapan sistem merit dalam kebijakan dan manajemen ASN, termasuk pengisian JPT," ungkap Agustin.

Lebih lanjut diungkapkannya juga, Pemerintah Daerah harus mendukung KASN dalam pelaksanaannya, KASN akan sulit menjalankan wewenang ini, jika tidak ada dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak. Untuk itu, Pemerintah Daerah perlu bersinergi agar wewenang tersebut dapat dilaksanakan dengan baik. Salah satu contohnya ketika kami KASN akan memberi penilaian tingkat kepatuhannya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) tingkat kepatuhannya berbeda-beda, ada tingkat kepatuhannya kualitas baik dan ada juga yang masih kurang.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan bagi instansi dari pengawasan JPT yang kami lakukan akan ada peningkatannya pada kategori baik maupun sangat baik ditahun mendatang," pungkasnya.

Plt Sekda Bengkalis dr. Ersan Saputra TH menyambut baik dengan dilaksanakannya sosialisasi JPT yang ditaja KASN, menurutnya penerapan Manajemen ASN berdasarkan Sistem Merit yang disampaikan dalam paparan Anggota KASN Bidang Pengawasan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Wilayah II Agustin Fatem, menjadi dasar untuk kita mewujudkan tata kelola Manajemen ASN yang lebih baik sesuai dengan arahan Presiden RI dalam Program Prioritas Nasional.

"Tujuan dalam pertemuan ini adalah untuk membangun satu-kesatuan persepsi tentang kebijakan maupun bagaimana menyelenggarakan Manajemen ASN yang benar sesuai dengan aturan-aturan yang ditetapkan, sehingga kedepan birokrasi ini kita bangun, kita wujudkan, kita tata, kita kelola untuk menjadi birokrasi yang hebat dan hasilnya dalam penilaian JPT Kabupaten Bengkalis akan mendapatkan nilai yang sangat memuaskan," pungkasnya.

Selain Sekda juga turut hadir Kepala BKPP terpilih se-Indonesia. (Safrizal) ***

TERKAIT