Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 07 08 2020
INDEX BERITA

Ada Pun 7 Perwira Menengah Polda Riau Di Mutasi Sebagai Berikut
Plt. Sekwan: Kalau Tidak Saya Anggarkan Dana Publikasi Media Kalian Mau Bilang Apa
Muscab III DPC HIMNI Kab. Siak Akan Di Gelar September 2020
Gugatan Morlan S, Kandas Di PTUN Pekanbaru
Polsek Siak Hulu Kampar Amankan Pelaku Penggelapan Sepeda Motor
Ketum IKNR Apresiasi Kinerja Polsek Bukit Raya Pekanbaru
Pengeroyoan Sadis Terhadap FR Bu,ulölö, Anton Lepok Menyerahkan Diri Melalui Ketum IKNR
IKNR: Minta Aparat Kepolisian Tangkap Pelaku Pengeroyokan Secara Brutal
Tak Terima Istrinya Di Beritakan, Syamsurizal Caci Maki Oknum Wartawan
PT. Agro Abadi Abaikan Perbup Terkait Upah Bongkar TBS
Istri AM Bupati Bengkalis Non Aktif Diduga Terima Uang Gratifikasi Rp23,6 M
Warga Meminta Pemilik Warung Remang -Remang Ditutup
Hendra Oknum PNS Di Kab. Siak Diduga Tipu BRM Senilai Rp124 Juta
DPW MOI Riau Resmi Serahkan Surat Audenci Di DPRD Kota Pekanbaru
Terkait Dana Publikasi Media, DPW MOI Riau Akan Surati DPRD Kota Pekabaru
DPW MOI Riau: Minta Wako Dan DPRD Pekanbaru Copot Badria Rikasari Dari Plt Sekwan
Miliaran Dana Publikasi Media Di DPRD Kota Pekanbaru Diduga Ajang Korupsi
Menkuham Yasona Laoly Berhasil Bawa Pulang Maria Pauline Ke Indonesia
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kampar Sesali Sikap Pemda Kampar
Yan Prana Jaya, Mantan Kepala Bappeda Siak Yang Kini Menjabat Sekdaprov Riau Diperiksa Di Kejati Ria
LSM IPPH, Minta Pihak Dinas Terkait Dan Sekolah Transparan
Gampangnya Pihak Disdik Dan Sekolah Merespon Surat Keterangan Domisili Dan Miskin
Masrianto Muis: Minta Kepada Pihak PT. Indomarco Agar Diterima Pekerja Bongkar Muat
Bagian Betis VL Memar Dan Membiru Dan RM Luka Di Luntut
Muflihun, Devenitif Sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau
Daerah
Melalui Dinas Kominfo
Pemkab Tubaba Gelar Penyuluhan Bahasa Indonesia Dan Badan Publik

Senin, 07/10/2019 - 23:06:59 WIB
Pemkab Tubaba Gelar  Penyuluhan  Bahasa Indonesia Dan Badan Publik***
 
TUBA BARAT, (MTN) - Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pendidikan setempat memfasilitasi kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Badan Publik dan Pemartabatan Bahasa Negara di Ruang Publik, yang digelar oleh Kantor Bahasa Lampung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di bumi Ragem Sai Mangi Wawai.

Kegiatan dalam rangka meningkatkan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar itu di mulai Senin (7/10) dan akan berlangsung selama 3 (tiga) hari kedepan, yakni hingga Rabu mendatang (9/10). Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Tubaba ini dinilai sangat penting mengingat Bahasa Indonesia saat ini sedang berjuang untuk memantapkan perannya sebagai bahasa nasional dan lambang identitas bangsa di tengah maraknya penggunaan bahasa asing di ruang publik.

Bupati Tubaba Hi. Umar Ahmad, SP menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Kantor Bahasa Lampung yang telah berkenan memberi penyuluhan Bahasa Indonesia kepada segenap aparatur dan masyarakat di daerah setempat. Bupati juga berharap terjadi peningkatan kualitas penggunaan Bahasa Indonesia dengan adanya kegiatan penyuluhan tersebut, baik dalam aktivitas berkomunikasi sehari-hari, maupun juga dalam proses pemerintahan dan pelayanan publik.

“Banyak hal yang harus memperhatikan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, seperti misalnya dalam kegiatan surat menyurat, pelaporan, penyusunan peraturan perundang-undangan, dan lain sebagainya. Untuk itu, kami sangat menyambut baik kegiatan penyuluhan ini,”ungkapnya bupati.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten bidang Pemerintahan, Agus Subagio, S.Sos saat pembukaan kegiatan penyuluhan tersebut di Aula Utama Lantai III Gedung Setdakab Tubaba. Serta Di Lantai 11 Ruang Aula Wakil Bupati Tuba barat  Untuk itu, Umar menegaskan agar seluruh peserta dari jajaran aparatur Pemkab Tubaba  yang mengikuti kegiatan penyuluhan tersebut bersungguh-sungguh dalam menimba ilmu dari para narasumber, karena pengetahuan yang didapat dari kegiatan ini sangat penting untuk diterapkan dalam administrasi pemerintahan atau pelayanan publik, dan juga untuk meningkatkan kesantunan dalam berbahasa saat melaksanakan tugas.

Saya yakin hingga saat ini penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan pemerintahan pun masih sangat banyak yang perlu diperbaiki.

Untuk itu saya berharap kepada narasumber kiranya dapat secara maksimal memberikan pengetahuan kepada para peserta.

Mudah-mudahan, kegiatan ini akan benar-benar berdampak pada meningkatnya kualitas penggunaan Bahasa Indonesia di Tubaba terutama dalam proses pemerintahan dan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh jajaran Pemerintahan Daerah,”harapnya.

“Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Lampung Dra.Yanti Riswara, M.Hum, mengatakan bahwa  Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara yang telah mempersatukan seluruh rakyat Indonesia adalah bahasa yang harus diutamakan terutama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan penggunaan di ruang publik. Namun kondisi ruang publik saat ini sudah dipenuhi dengan bahasa asing yang tidak terkendali.

“Saat ini banyak dari kita yang menggunakan bahasa asing dalam kehidupan sehari-hari, padahal kita memiliki bahasa resmi yakni Bahasa Indonesia. Untuk itulah, perlunya dilakukan sosialisasi maupun pelatihan terkait penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,” ulasnya.

Berdasarkan pantauan, ada 6 (Enam) Narasumber Dalam Kegiatan Penyuluhan Tersebut. Mereka berasal dari Kantor Bahasa Provinsi Lampung, yakni antara lain Dra. Yanti Riswara, M.Hum, Yulfi Zawarnis, M.Hum, Hasnawati Nasution, S.Pd, Yuliadi M.R., M.Pd, Kiki Zakiah Nur, S.S, dan Drs. Sentyo Untoro, M.Hum. Sementara peserta ada sekitar 80 orang yang terdiri dari pejabat eselon III dan IV, Serta Staf Dari OPD di Lingkungan Pemkab Tubaba Turut serta Dalam kegiatan tersebut  (Rasyid)***



Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved