Peduli Kesehatan Masyarakat

Walikota Pekanbaru DR. Firdaus ST, MT Resmikan Rumah Sakit Madani

Didampingi Plt Kadiskes, Walikota Pekanbaru Firdaus Saat melakukan pengguntingan pita tanda diresmikannya soft opening RSUD Madani Kota Pekanbaru***
MEDIATRANSNEWS,  PEKANBARU - Setelah melalui proses pembangunan hampir 3 tahun, akhirnya Rumah Sakit Umum Daerah (RSD) Pekanbaru diresmikan, Pada Jumat lalu (26/1/2018). Rumah sakit yang terletak di Jalan Garuda Sakti KM 2, Kecamatan Tampan itu menggunakan konsep green hospital.

"Alhamdulillah, dengan mengucapkan bismillah saya resmikan soft opening RSUD Madani Kota Pekanbaru," kata Walikota Pekanbaru, DR. Firdaus ST, MT didepan puluhan undangan yang hadir diantaranya, OPD se-Kota Pekanbaru, Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Diskes Riau dan Persatuan Rumah Sakit (Persi) Riau, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Firdaus memaparkan bahwa peresmian rumah sakit ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Kota Pekanbaru yang cinta akan kesehatan serta memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Tak hanya itu, dengan adanya rumah sakit ini tentu saja membuka peluang baru bagi bisnis kesehatan.

Ia berharap, rumah sakit ini dapat menjawab usaha dari Pemerintah Kota dalam membangun masyarakat yang sehat, cerdas serta dapat mewujudkan lingkungan yang sehat.

“Rumah Sakit Daerah Madani yang kita resmikan ini bukan pertanda masyarakat Pekanbaru banyak yang sakit, dan perlu dibangun RS yang baru. Tetapi, ini adalah bentuk dari cerminan masyarakat kita yang mencintai kesehatannya dan itu menjadi indikator masyarakat Madani yang peduli dengan kesehatan, mambangun lingkungan sehat untuk membangun masyarakat yang sehat,” kata Firdaus.

Firdaus menceritakan, rumah sakit milik Pemko Pekanbaru ini sudah belasan tahun ditunggu kehadirannya oleh masyarakat Pekanbaru. Oleh karenanya, seusai dilantik pada 2012 silam pihaknya langsung tancap gas dan melakukan rencana aksi pembangunan sehingga rumah sakit yang diidam- idamkan masyarakat kini telah terwujud dan sudah dapat beroperasi .

"Masyarakat Pekanbaru telah lama menanti Rumah Sakit ini. Selama ini, RSUD Arifin Achmad tidak mampu menampung pasien-pasien yang sebagian besar merupakan pasien dari Kota Pekanbaru. Alhamdulillah, hari ini kita dapat menghadirkan Rumah Sakit Madani untuk masyarakat Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya" kata Firdaus.

Firdaus mengatakan, Pemko Pekanbaru akan menjadikan RS Madani sebagai Rumah Sakit yang ramah (Green Hospital). Ramah secara lingkungan, ramah secara lingkungan, ramah secara pelayanan dan fasilitas.

Konsep Green Hospital ini sebut Firdaus, pernah ia laporkan kepada Menteri Kesehatan RI pada tahun 2013 (jelang pembangunan). Dan Menkes RI saat itu sangat mengapresiasi terobosan Walikota Pekanbaru ini dalam mengembangkan konsep Green Hospital. Firdaus bahkan mengatakan bahwa Menteri kesehatan meminta dibuatkan proto type dan dijadikan model ke daerah lainnya.
 "Kata ibu Menkes, konsep green hospital bukan saja bangunannya, tapi juga manajemen dan pelayanan. Dan apa yang ibu Menkes sarankan, kita realisasikan sekarang ini"kita Firdaus.
 
Firdaus juga menyatakan bahwa untuk awal ini, RS Madani ini akan digratiskan dalam pengobatannya, walau memang belum dapat meng-cover semua pelayanan kesehatan.
"Dengan dibukanya RSD Madani ini, silahkan masyarakat Pekanbaru gunakan fasilitas yang ada secara gratis hingga batas waktu yang belum ditentukan. Bawalah KTP dan konsultasikan kepada tenaga medis disana tentang persoalan kesehatan bapak/Ibu. Namun, yang pasti adalah bagaimana melayani masyarakat dengan baik dan cepat," harap Firdaus.

Sementara Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy menjelaskan, jumlah tenaga yang ada di RSD Madani sebanyak 91 tenaga medis.

Ke 91 tenaga medis tersebut antara lain, dokter spesialis 21 orang, dokter umum 9 orang, dokter gigi 3 orang, perawat 27 orang, perawat gigi 3 orang, bidan 11 orang, ahli gizi 3 orang, analisis 2 orang, apoteker 1 orang, asisten apoteker 1 orang, fisioterapi 1 orang, rekam medik 1 orang, manajemen 8 orang. 

Selain itu terang Kadiskes, ada 13 pelayanan kesehatan yang bisa dilakukan di RSUD Madani Kota Pekanbaru. Diantaranya poli gigi, poli umum, poli spesialis anak, kandungan, paru-paru, THT, urologi, jantung, kulit, IGD, laboratorium serta bedah plastik dan akupuntur. (ADV/Diskominfo Pku)***
TERKAIT