Kebersamaan Dan Saling Menghargai Antara Umat Beragama

Brigjen TNI Edy Nasution, S.I.P Mengajak Umat Kristiani Menjaga Toleransi

Brigjen TNI Edy Nasution, S.I.P mengajak umat Kristiani dalam pidatonya, menjaga toleransi, kebersamaan dan saling menghargai antar umat beragama***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Komandan Korem 031/Wira Bima, Brigjen TNI Edy Nasution, S.I.P mengajak umat Kristiani menjaga toleransi, kebersamaan dan saling menghargai antar umat beragama, khususnya di Pekanbaru dan Riau pada umumnya, Pekanbaru 16/10/17.

"Resort HKBP Rajawali merupakan sarana ibadah yang disediakan khususnya umat Kristiani agar dapat melaksanakan ibadah dengan optimal," kata Danrem dalam acara peresmian Ressort HKBP Rajawali Pekanbaru di halaman gereja HKBP jalan Rajawali, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Dalam konteks ini, agama menginginkan agar kehidupan manusia tertata dengan baik, berjalan teratur, dan harmonis. Agama memiliki peran penting dalam kehidupan umat manusia, oleh karena itu, agama menjadi pembimbing moral sekaligus pengantar manusia menuju pencapaian nilai hakiki dalam kehidupan.

"Jadi, pada dasarnya tidak ada dalam setiap ajaran agama yang mengarahkan manusia mengisi hidupnya dengan konflik,pertarungan,dan saling menghancurkan satu sama lain. Pastilah setiap agama mengajarkan kebaikan kepada umatnya," ujar Danrem.

Dikatakan Danrem, bangsa Indonesia adalah sebuah bangsa dengan corak masyarakat yang majemuk. Kemajemukan masyarakat ditandai dengan kenyataan adanya kesatuan-kesatuan sosial yang berdasarkan perbedaan-perbedaan suku bangsa, agama, adat serta kedaerahan.

Sebagai negara dengan latar belakang masyarakat yang majemuk, negara kita memandang bahwa kebersamaan dan kerukunan memiliki nilai yang sangat penting.

Disampaikannya, kalau bangsa Indonesia beruntung di tengah-tengah berbagai kemajemukan tersebut, telah tumbuh berbagai tradisi kearifan lokal yang dirintis oleh nenek moyang terdahulu.

"Selamat atas peresmian ressort HKBP Rajawali, mari terus kita jaga toleransi antar umat beragama dan terus bangun kebersamaan dengan saling menghargai dan menghormati terhadap perbedaan yang ada jangan terpecah belah karena masalah agama," himbau Danrem.

Usai memberi sambutan, Danrem 031/Wira Bima diberi ulos sebagai ungkapan syukur dan bangga terhadap diri Danrem yang merupakan putera terbaik Riau dan dipercaya pimpinan TNI sebagai pembina teritorial di wilayah Riau.

Ulos diserahkan langsung oleh praeses HKBP distrik XII Riau Pendeta Robert Silaban Mth.

"Ulos Ini merupakan media sebagai ungkapan syukur kami umat HKBP terhadap pak Danrem. Melalui ulos Ini kiranya pak Danrem dapat menjalankan tugas-tugas dalam TNI dengan baik, dan senantiasa dalam lindungan Tuhan yang maha kuasa," ucap Pendeta Robert Silaban. (P031Wb/Mtn)***

TERKAIT