Kunci Raih Piala Adipura Terapkan 5R

Kampar Raih Penghargaan Berupa Sertifikat Adipura Dari Pemerintah RI

Kabupaten Kampar berhasil meraih penghargaan berupa sertifikat Adipura dari Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Kementerian Lingkungan***
ADVERTORIAL  :

MEDIATRANSNEWS, KAMPAR - Ketika Kampar menerima sertifikat Adipura beberapa waktu lalu dari Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia membuat tekad Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM dan Pemerintah Kampar untuk merubahnya menjadi Adipura.  Walaupun begitu, H Azis Zainal mengucapkan selamat perolehan sertifikat ini. 

"Sertifikat ini merupakan cambuk dan tantangan bagi kita untuk meningkatkan ke Piala Adipura," ujarnya saat menyerahkan secara simbolis 15 unit motor pengangkut sampah kepada camat dan penyerahan santunan kepada ahli waris dari Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) yang diadakan di halaman parkir Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar, Senin (14 /8).

Mempertahankannya, Kampar harus menerapkan pola 5R yaitu: rapi, resik, rajin, rawat dan ringkas. Indikator penilaian Adipura ada dalam konsep 5R ini.  Azis menyatakan,  walaupun ia menghargai usaha mendapatkan sertifikat ini, namun sisi lain Kampar malu, karena kabupaten yang lain meraih Adipura, bukan hanya setakat sertifikat. Tahun depan 5R ini Kampar menurutnya wajib mendapatkan Adipura.

Azis meminta masyarakat terutama aparatur memperhatikan  lingkungan kerja, WC yang bersih, tidak bau , suasana yang harum, sejuk alami tentu membuat suasana  selalu nyaman. Sementara itu, kepada seluruh pejabat eselon di
Foto MediatransNews.Kampar, Azis mengimbau untuk selalu menjaga pola hidup bersih, rapi, lingkungan yang  hidup terutama sebentar lagi Kampar tuan rumah Porprov.

"Mari cintai kampung kita. Salah satunya ikut bersama memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Kampar. Pejabat mari berikan contoh dan teladan, jangan malah sampah yang terlihat dilangkahi. Mari mulai berikan teladan, perasaan malu membuang sampah sembarangan. 11 ribu ASN lebih harus bisa menerapkan 5R tersebut bukan saja bersih tapi luar biasa bersih,"ujarnya.

Azis juga meminta OPD membuat program untuk memotivasi masyarakat dalam kebersihan ini. Salah satunya membuat terobosan yang dapat menggelorakan kebersihan seperti perlombaan antar OPD, antar kecamatan dan antar desa.

Dalam acara itu, Azis menyerahkan 15 unit pengangkut sampah secara simbolis motor Kepada Camat Siak Hulu, Camat Tambang, Camat Bangkinang Kota dan Camat Tapung yang akan melayani angkutan sampah di kecamatan dan mohon dipergunakan sebagai mana mestinya.

Azis juga menyerahkan santunan kepada Rita suaminya M Rijon mandor keberhasilan yang meninggal sebesar  Rp24 juta dari BPJS.  Setelah Kampar menerima sertifikat Adi Pura beberapa waktu lalu dari Mentari lingkungan hidup Republik Indonesia. Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM mengucapkan selamat atas Raihan ini. Kita jadikan ini sebagai  cambuk dan tantangan bagi kita untuk meningkatkan ke Piala Adipura.

Demikian disampaikan oleh Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM saat menyerahkan secara simbolis 15 Unit Motor pengangkut sampah Kepada Camat dan Penyerahan Santunan kepada ahli waris dari Badan Pelaksana Jaminan Sosial (BPJS) yang diadakan di Halaman Parkir Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar pada Senin 14 /8. Penilaian yang dilakukan oleh Tim Adipura terhadap Kabupaten memiliki beberapa indikator dan semua indikator itu ada dalam 5 R yakni Rapi, Resik, Rajin, Rawat dan Ringkas " Kata Azis Zaenal.

"Kita malu sebetulnya karena Kabupaten /kota  lain yang terima piala Adipura,  namun kita tetap bangga dari pada tidak terima apa-apa, tahun depan mutlak dan wajib Kira peroleh dapat piala Adipura Caranya Ya terapkan saja 5R (rapi, resik, rawat, rajin dan Ringkas) di Kantor, rumah, lingkungan tempat kerja," Kata Azis Zaenal.
Foto MediatransNews."Jika semangat dan kita sepakat seluruh Aparatur Negara Negara (ASN) , mandor dan pasukan kebersihan menerapkan 5 R Insya Allah ini akan dapat di raih." Tambahnya lagi.

Mari kita perhatikan Lingkungan kerja, Wc yang bersih, tidak bau , Suasana yang harum, sejuk alami tentu kita akan selalu nyaman. Selain itu mengenai kebersihan ini tercantum juga dalam perintah agama. Kepada seluruh pejabat eselon Bupati Kampar Himbau Untuk selalu menjaga pola hidup yang Bersih, rapi, lingkungan yang  hidup terutama sebentar lagi kita tuan rumah Porprov. Kita cintai kampung kita salah satunya ikut bersama memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Kampar.

"Pejabat berikan contoh dan tuladan , jangan malah sampah yang terlihat dilangkahi Kalau kita mulai berikan tauladan, perasaan malu membuang sampah sembarangan , Dari lebih 11 ribu lebih ASN Bisa menerapkan 5 R tersebut bukan saja bersih tapi bisa di jilat." Tambahnya lagi.  Untuk merangsang ini buatlah terobosan yang dapat menggelorakan kebersihan apakah  perlombaan antar OPD, antar Kecamatan dan antar desa, Pinta Azis Zaenal.

Pada Kesempatan Bupati Kampar serahkan 15 unit pengangkut sampah secara simbolis motor Kepada Camat Siak Hulu, Camat Tambang, Camat Bangkinang Kota dan Camat Tapung, yang akan melayani angkutan sampah di kecamatan dan mohon dipergunakan sebagai mana mestinya Bupati Kampar H Azis Zaenal SH MM juga menyerahkan santunan kepada Rita suaminya M Rijon mandor keberhasilan yang meninggal Sebesar  24 juta dari BPJS.

Hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto SH, Fungsi pada Setda Kampar Yusri, kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kampar Cokroaminoto, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Ir Nurhasani MM,  Kepala kantor cabang Pekanbaru Panam HmWisnu Eko Prihartono, Kepala Kantor Cabang perintis Kampar Bangkinang Dodi, Kepala Bidang Pemasaran kantor cabang Pekanbaru Panam Esra Nababan. (ADV/Diskominfo)***

TERKAIT