Deklarasi Forcem

Forcem Menolak Media Penyebar Berita Hoax

Forcem saat Foto Bersama setelah usai deklarasi***
MEDIATRANSNEWS, PAKANBARU - Belasan media ciber dan cetak, yang bergabung dalam Forum CEO Media (Forcem), melakukan deklarasi di Room Bukit Suligi, Hotel Aryaduta, Jln. Diponegoro, Pekanbaru - Riau, Rabu (6/9/2017), deklarasi berjalan lancar.

Turut hadir dalam acara tersebut , Mantan Wakil Bupati Kampar, Ibrahim Ali, Drs. PH Sitompul (Sekreatris PWRI-B), Tommy FM Simanungkalit, SH (Praktisi LSM juga Pengamat Publik), Amponiman Batee (mewakili DPP IKNR) Toolo Bago (Ketua Umum Ikranis), Yarisman Zendrato (Ketua DPC GWI Pelalawan), Faonasokhi Lahagu (Ketua Lsm) dan sejumlah wartawan .

Acara yang dipandu  Amponiman Batee  dari Ceo Riausidik.com,  diawali dengan doa, dipandu Pdt. B. Waruwu, dilanjutkan dengan pembacaan Deklarasi oleh David Leo Lase (Ceo Faktapost.com).

David Leo Lase selaku deklarator membacakan inti maksud dan tujuan berdirinya Forcem  untuk Forcem bersatu membangun kebersamaan, solid dalam memperjuangkan kesejahteraan Media serta meningkatkan profesionalisme SDM Wartawan dalam mewujudkan cita-cita UU Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers.

"Kemudian Forcem bersatu memberikan kontribusi bagi pencerdasan masyarakat nasional melalui media yang kami pimpin guna membangun partisipasi masyarakat dalam pembangunan nasional dan daerah. Serta bersatu menolak media penyebar hoax yang menyesatkan dan merusak generasi bangsa," jelas  David Leo disalah satu bagian dari Deklarasi Forcem.
 
Drs. Wahyudi El Panggabean, MH. salah satu  wartawan di Riau senior di Riau, dalam sambutannya menyinggung integritas beberapa kepala daerah di Riau yang berakhir tragis didalam penjara, “ Tuhan Wasit yang tidak pernah tidur “, jelas Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Media, Riau Media Watch (RMW)   .

Untuk itu jelas Wahyudi, peran media dituntut untuk lebih independt dan betul-betul melakukan investigasi, karena saat ini wartawan dituntut untuk menulis berita dengan fakta yang sesungguhnya tidak haya serimonial belaka,  apalagi untuk saat ini  sejumlah media di Riau masih dikendalikan oleh penguasa. "Jadi tidak bisa dipungkiri, ditengah pembiayaan perusahaan  begitu besar, kerap independensi media di nomor duakan. Ini sangat prihatin," kata Wahyudi.

Saya ucapkan "Selamat deklarasinya kepada pengurus  Forcem, harapan kita media-media yang tergabung didalamnya, dapat melahirkan pemimpin berintegritas sehingga terhindar dari bui," jelas Wahyudi

Yosman Matondang selaku Ketua DPD PWRI-B dalam sambutannya mengingatkan para Ceo media untuk menghindari berita hoax. "Selama ada data/bukti jangan segan-segan melaksakan tugas jurnalistik demi kebenaran dan keadilan, dan tetap tetap mempedomani UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik, kata Matondang..

Tokoh Nias Riau, Drs. Sozifao Hia, M.Si dalam sambutannya mengaku bangga dengan berdirinya Forcem. "Kita saksikan pada hari ini deklarasi Forcem dilaksanakan, kita bangga sebuah langkah maju bidang media, untuk pembangunan riau khususnya nasional pada umumnya," kata Sozifao Hia.

Drs. Sozifao Hia, M.Si yang juga Ketua DPD HIMNI Riau ini, pihaknya tidak penapik dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung. "Berdirinya Forcem ini, kita berharap selain mendukung program pembangunan di Riau, juga Forcem saya mengajak agar mendukung program kepulauan Nias dalam publikasi," ajak Sozifao Hia.

Anotona Nazara, SE dari Tabloid Bidik yang dipercaya selaku Ketua Forcem, dalam sambutanya mengaku deklarasi Forcem pada hari ini merupakan wujud kebersamaan beberapa media cetak dan online di Riau untuk ambil bagian dalam kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan dalam UU Pers.

"Ini bukan inisiatif saya pribadi, namun beberapa rekan-rekan para ceo media, melakukan  beberapa kali pertemuan, karena ada kesepahaman pemikiran dan tujuan, akhirnya sepakat untuk dibungkus dalam sebuah komunitas dan diberi nama yaitu Forum Ceo Media (Forcem)," jelas Nazara, sapaan sehari-hari ini.

Lanjutnya,  Deklarasi Forcem yang digelar pada hari ini bukanlah sebuah hal keistimewaan. "Acara yang kita saksikan pada hari ini, bukanlah sebuah keistimewaan, lebih sebuah kerinduan dan dorongan khususnya bagi rekan-rekan Ceo media untuk lebih memotifasi kami dalam mengelola media yang lebih baik dan benar," sebut Nazara.

"Untuk itu kepada rekan-rekan Ceo, terima kasih memercayakan saya sebagai ketua di periode ini, mari bergandengtangan untuk kepentingan Forcem. Juga kepada para undangan kami yang telah bersedia hadir pada acara deklarasi ini, semoga kebaikan bapak-ibu diberkati Tuhan," tutup Nazara.

Selanjutnya 12 pendiri Forcem yang hadir  Ronny Batee (Ceo Mediatransnews.com), Yulianus Halawa (Tabloid Ungkap Riau), Emos Gea (Ceo Riaukontras.com), Saudara Hondro (Ceo Hebatriau.com), Martinus Hulu, (Ceo Siagaonline.com), sementara  Dra. Adelina Sitompul (Ceo Bidikonline.com), Hadirman Halawa (Ceo Mimbarkita.com) berhalagan hadir dan Yulius Halawa (Ceo Realitaonline.com) berhalangan karena sakit.

Forcem sendiri telah memiliki legalitas, didasari AD/ART, Notaris Oktalinda, SH. Mkn, No. 09, 21 Agustus 2017, dan Dirjend AHU No: AHU-0012613.AH.01.07.Tahun 2017, tanggal 25 Agustus 2017. (Mtn02)***
TERKAIT