Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 21 08 2019
INDEX BERITA

Tunggu SPT Untuk Lakukan Tindak Lanjuti Masalah Desa Pematang Kasih
BNN Riau Kembali Amankan 8 Kg Sabu Bersama BB Lainnya
Polsek Perhentian Raja Tangkap Pemilik Narkoba Dan Ganja Kering
Rapat Peripurna Ke-8 Masa Sidang II DPRD Kota Pekanbaru Tahun 2019
LK 02 Tanjung Harapan Masih Gelar Kegiatan Lomba
44 Anggota DPRD Lampura Resmi DiLantik 1 Tertunda
Wabup Tuba Barat Berikan Tali Asih Kepada Paskibraka
Syamsuar didampingi Kadis PU Riau Tinjau Proyek Pembangunan Durolis Di Rohil
Bupati Inhil Hadiri Acara Pemberian Remisi Bagi Warga Binaan Lapas Tembilahan
Pemkab Kampar Berikan Santunan Kepada LVRI Dan Perlansia
Bupati Inhil Ikuti Renungan Suci Dalam Keheningan Di TMP Yudha Bakti
Inspektur Upacara HUT RI Ke-74 Di Pimpin Langsung Oleh Gubernur Riau
Kapolsek Perhentian Raja IPTU Zulfatriano, SH Pimpin Upacara Penurunan Bendera
Kejaksaan Negeri Kampar Tahan Nurul Hidayah SE, Sekdes Gunung Sari
PC Muslimat NU Inhil Gelar Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah
Lingkungan 2 Tulung Batuan Gelar Lomba Kegiatan
Umar Ahmad Bupati Tulang Bawang Bertindak Sebagai Inspektur Upacara
Bupati Lampura H.Agung Bertindak Sebagai Inspektur Upacara
Camat Siak Hulu Fajri,Hasbi, S,STP, Msi Bertindak Sebagai Inspektur Upacara
Bupati Sematkan Anugerah Satyalancana Karya Satya Bagi PNS Pemkab Inhil
Bupati Inhil Kukuhkan Paskibra Tahun 2019
Kapolri Intruksikan Seluruh Humas Polri Jalin Kerjasama Dengan Media Online
Persiapan Peringatan HUT RI Ke - 74 Dan Pencanangan Program Rumah Tahfidz
Tim Opsnal Polsek Siak Hulu Tangkap Pemilik Sabu
Pameran Riau Expo 2019, Tantangan Bagi Event Organizer
Rokan Hulu
Sejumlah Objek Wisata Keindahan Alam
Objek Wisata Di Rohul Masih Banyak Yang Belum Terkelola Dengan Baik

Senin, 10/04/2017 - 07:31:00 WIB
Salah satu Objek Wisata Keindahan Alam Di Rohul yang Masih Bayak terkelola***
 
MEDIATRANSNEWS, ROHUL - Sejumlah objek wisata di Rohul menunggu sentuhan dari dinas terkait. Hanya butuh waktu sekitar 40 menit dari ibu kota Kabupaten Rokan Hulu yaitu kota Pasir pengaraian kita sudah dimanjakan dengan keindahan alam yang masih asiri.

Meskipun jurang dan tebing yang terjal serta di hiasi dengan pemandangan Bukit Kapur yang menjulang tinggi membuat kita betah berada di tempat ini, namun sayangnya akses jalan menuju tempat itu sangat memprihatinkan  Hal ini diungkap kan oleh Muliarjo tokoh pencinta alam beserta rombongan pada sabtu ( 08/04/17) sore saat ditemui di sungai bungo

Potensi keindahan alam di Dusun Sungai Bungo, merupakan dusun paling terisolir di Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang dihuni sekitar 46 Kepala Keluarga (KK), belum tergarap secara maksimal bahkan belum dikelola dengan baik sementara sejumlah potensi wisata alamnya bagai “mutiara terpendam”.

Semasa. Pemerintahan  Bupati Rohul, Drs H Achmad M.Si, Dusun Sungai Bungo, sudah ditetapkan sebagai Desa Wisata. Bahkan, dusun tersebut dapat perhatian dari Pemkab Rohul dan menjadi kawasan tanaman bunga hias. Sayangnya, kini dusun tersebut  bagai terabaikan dari berbagai program pembangunan dari pemkab Rohul.

Menurut Kepala Desa Sialang Jaya, Yuherman Daulay, membenarkan bahwa Dusun Sungai Bungo merupakan dusun terisolir. Bahkan, dirinya selaku Kades yang baru terpilih sudah menyiapkan sejumlah program prioritas pembangunan di Dusun Sungai Bungo, kini masih menunggu cairnya Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

“Khusus Dusun Sungai Bungo, itu jadi perhatian utama kita program pembangunan di desa kita. Karena, sudah saatnya Sungai Bungo ditata dan dibangun, apalagi sudah ditetapkan sebagai desa wisata. Selain itu, potensi objek wisatanya juga banyak namun belum tergarap dengan baik, karena akses jalan ke dusun tersebut juga belum memadai,” sebut Yuherman Daulay, Minggu (9/4/2017).

Selain potensi alamnya yang subur, di Sungai Bungo memiliki objek wisata air terjun tiga tingkat atau disebut warga air Terjun Pantasan juga air Terjun Cipogas. Kedua air terjun tersebut sudah ramai dikunjungi warga terutama anak muda. Namun, sayangnya akses jalan yang belum maksimal membuat sulitnya menjangkau ke objek wisata tersebut.

Bahkan, dari cerita masyarakat tempatan, Sungai Bungo juga merupakan sejarah perjuangan sosok pahlawan Nasional Tuanku Tambusai dari Rohul dan Tuanku Imam Bonjol dari Sumatara Barat. Karena dari napak tilas perjalanan kedua pahlawan tersebut, ternyata keduanya kerap melalui Sungai Bungo untuk perang geriliya melawan penjajah Belanda masa itu.

“Memang Sungai Bungo memiliki sejarah penting saat perjuangan. Karena daerah itu, merupakan tempat grilya para pahwalan kita, termasuk Tuanku Tambusai dan Imam Bonjol. Sehingga memang sudah sepantasnya jadi perhatian kita pembangunan di Sungai Bungo, apalagi akses jalan yang bagus termasuk listrik juga tidak dinikmati masyarakat tempatan Sungai Bungo,” ucapnya.

Yuerman juga berharap, Pemkab Rohul memiliki program pembangunan ke Dusun Sungai Bungo, agar bisa menjadi Dusun yang maju seperti dusun di desa lainnya. Kemudian, Sungai Bungo juga berada di kawasan objek wisata handalan yang kini dikembangkan Pemkab Rohul.        

“Yang paling penting, akses jalan, listrik, dan peningkatakan ekonomi masyarakat di daerah tersebut. Potensi alammnya kaya, sayangnya sarana prasana yang belum memadai sehingga masyarakatnya hanya menghandalkan hidup dari perkebunan karet jelasnya.(Mat/Ir/Mtn)***



() Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2017 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved