Padi Unggul Jenis IR 42

Danramil 03 Tepuling Tanam Padi Unggul

Danramil 03 Tepuling Tanam Padi Unggul Jenis IR 42 Serentak***
MEDIATRANSNEWS, INHIL - Danramil 03/ Tempuling Kapten Arh Sugiyono bersama kelompok tani Ingin Makmur melaksanakan tanam padi serentak di lokasi sawah Denpam di Blok E Kelurahan Kempas Jaya Kecamatan  Kempas Kabupaten Indragiri Hilir, 7/12/16.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bakor penyuluh Pertanian Propinsi dan Pok Tani dari Sungai Batang untuk menyaksikan cara menanam padi sistem Jajar Legowo serta pengolahan tanah mengunakan alat Traktor, 

Dalam sambutannya, Danramil 03/Tempuling Kapten Arh Sugiyono menjelaskan dengan adanya tanam padi serentak di wilayah Koramil 03/Tempuling Kodim 0314/Inhil dengan luas 110 hektar Khusus di Blok E, serta 725 Hektar tersebar di 2 Kecamatan yang terdiri 425 hektare di Kecamatan Kempas dan 300 Hektar di Kecamatan Tempuling dengan harapan akhir bulan Desember 2016 penanaman  sudah terealisasi untuk seluruh wilayah yang mempunyai areal sawah pertanian padi.

"Jadi untuk mempercepat proses Tanam IP 100 kali ini Danramil menekankan kepada seluruh Babinsa selaku pendamping Pokta lebih aktif untuk memacu para petani bekerja sama  dengan penyuluh pertanian tingkat Kecamatan , untuk Gerakan Tanam Serentak di wilayah Koramil 03/Tempuling dilaksanakan sampai tingkat dusun dan diharapkan sampai tanggal 30 Desember 2016 telah ditanami di areal  sawah tahun 2016," katanya.

Ia menuturkan tanam serentak merupakan gerakan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2016 yang pada tingkat Kabupaten Inhil dilaksanakan di Blok E Kel Kempas Jaya,  seluas 3 hektar untuk program Denpam dan 100 Hektar dengan jenis padi IR 42.

"Dengan adanya kegiatan tanam padi serentak di wilayah Koramil 03/Tempuling ini kita harus meningkatkan terus gerakan tanam padi di wilayah Kecamatan Kempas.

Selain itu, kita memberikan semangat kepada seluruh petani yang lain untuk membangun gerakan tanam padi di seluruh Desa. Untuk menuju Desa Kempas Jaya harus lebih maju dan sejahtera dengan adanya ketahanan pangan karena dengan adanya ketahanan pangan kita pasti kuat dan sejahtera," katanya.

Danramil juga berharap kepada dinas terkait khususnya dinas Badan Koordinasi penyuluh propinsi untuk memperhatikan poktan di Kec Kempas sarana dan prasarana pertanian yang di butuhkan mengingat pertanian kempas masa tanamnya tergantung adanya pasang surut air Sungai sehingga sangat membutuhkan diesel air.

Kabid Bakorluh Propinsi Bapak Jasmudi dalam sambutannya menegaskan Pemerintah terus mendukung gerakan-gerakan sistem pertanian agar kita bisa membangun pertanian dan Dengan adanya program Pertanian ini kita harus dukung, mari kita tanam bersama-sama dan kita harus meningkatkan lagi dan menambah lagi ke depan tentang produksi pertanian, mari kita bangkitkan penanaman padi yang bertujuan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Jasmudi menyampaikan gerakan tanam serentak di atas areal Denpam Blok E Kel Kempas Jaya harus menyeluruh di Kecamatan Kempas ini. Pemerintah akan mendukung kegiatan pertanian dengan cara mendukung menyiapkan alat seperti handtraktor dan lain sebagainya.

"Alat handtracktor silakan para petani mengajukan proposal untuk keperluan pertanian  kelompok-kelompok tani," katanya. Dengan adanya kegiatan ini, Ia berharap negara kita menjadi negara yang kuat, sejahtera dan makmur," harapnya. (Danramil 03)***
TERKAIT