Pasca Musibah Banjir

Warga Kuala Terusan Dapat Pengobatan Gratis

Petugas kesehatan saat memeriksa kesehatan warga desa Kuala Terusan, Senin (28/3/16)***
MEDIATRANSNEWS, PELALAWAN - Puluhan warga Desa Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, berkumpul mendapatkan pengobatan gratis pasca banjir melanda desa tersebut, bulan lalu.

Kepala Dusun Kuala Terusan, Herman, Senin (28/3/2016), mengapresiasi bantuan pengobatan gratis dari PT Riau Andalan Pulp & Paper (RAPP), sebagai salah satu bentuk komitmen perusahaan dalam mendukung kesehatan masyarakat.

"Selaku pemerintah desa, kami sangat berterimakasih atas pogram CD yang diberikan RAPP berupa obat-obatan dan multivitamin untuk anak," sebutnya.

Lanjut Herman, pelayanan kesehatan menjadi salah satu bantuan penting bagi masyarakat, selain faktor geografis yang jauh dari akses kesehatan, juga faktor ekonomi yang tidak memungkinkan untuk berobat.

"Sebagian besar warga disini nelayan. Sebagian dari kami tidak terlalu peduli dengan kesehatan. Salah satunya karena akses yang jauh, disini juga hanya ada satu bidan desa," ujarnya.

Kepala Puskesmas Pangkalan Kerinci, Drg Erlinda menyatakan bahwa RAPP dan Puskesmas sudah melakukan banyak kerjasama. Namun pengobatan massal gratis di Kuala Terusan menjadi program kerjasama pertama.

"Kita sudah lama melakukan kerjasama dengan RAPP, dimana kami membantu 7 tenaga medis dan obat-obatan," ungkapnya.

Menurut Erlinda, saat ini yang perlu diperhatikan adalah makin maraknya pengidap penyakit tidak menular, hal itu yang perlu menjadi perhatian bersama.

Manager CD RAPP, Sundari Berlian menyatakan, bahwa tujuan program adalah untuk meringankan beban masyarakat dalam hal pengobatan dan tidak terjangkaunya fasilitas kesehatan.

"Kuala Terusan menjadi tujuan pengobatan massal gratis, karena desa ini masih rentan terkena berbagai macam penyakit pasca banjir. Kami merencanakan tahun ini akan dilaksanakan 30 pengobatan di lima kabupaten," pungkas Sundari.(Ab/Mtn)***

TERKAIT