Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Jum'at, 10 Juli 2020
INDEX BERITA

DPW MOI Riau: Minta Wako Dan DPRD Pekanbaru Copot Badria Rikasari Dari Plt Sekwan
Miliaran Dana Publikasi Media Di DPRD Kota Pekanbaru Diduga Ajang Korupsi
Menkuham Yasona Laoly Berhasil Bawa Pulang Maria Pauline Ke Indonesia
Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kampar Sesali Sikap Pemda Kampar
Yan Prana Jaya, Mantan Kepala Bappeda Siak Yang Kini Menjabat Sekdaprov Riau Diperiksa Di Kejati Ria
LSM IPPH, Minta Pihak Dinas Terkait Dan Sekolah Transparan
Gampangnya Pihak Disdik Dan Sekolah Merespon Surat Keterangan Domisili Dan Miskin
Masrianto Muis: Minta Kepada Pihak PT. Indomarco Agar Diterima Pekerja Bongkar Muat
Bagian Betis VL Memar Dan Membiru Dan RM Luka Di Luntut
Muflihun, Devenitif Sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau
Bupati Kampar Tabur 100.000 Ekor Benih Ikan
RDP Komisi II DPRD Kampar Bersama Lima Puluh Kepala Desa
Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Di Pemukiman Warga
Gubri: Mengajak Pejabat Yang Baru Dilantik Untuk Sama-sama Bekerja Keras
Pemangkasan Dana Publikasi Mengundang Kekecewaan Madia
Terkait Kerjasama Media, Kadis Kominfo Kampar Tidak Jawab Konfirmasi Wartawan
EM Penganiayaan DH Resmi Di Tetapkan Sebagai Tersangka
A. Nazara, Anggota DPRD Kampar Kunjungi Korban Dampak Ledakan Tungku PT. RPS
Keberadaan Green Hotel Perawang Diduga Tanpa IMB Dan Izin Lainnya
Raja Adnan: Kepala Dinas Selaku Pengguna Anggaran Yang Paling Bertanggung Jawab
Diduga Akibat Pabrik Meledak, Beberapa Karyawan Cidera Dan Rumah Warga Rusak
Nias Peduli Covid-19 Riau Kembali Berbagi Kasih Dan Berkat Tahap II
Kapolres Pelalawan AKBP Indra W, S.IK Berikan Penghargaan Beprestasi
Anggota DPRD Pekanbaru Berjanji Mengusut Persoalan Bantuan Covid
Wagubri Menilai Ketahanan Pangan Merupakan Hal Penting
Daerah
Penyusunan RKPD Kebupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2021
Wakil Bupati Tubaba Buka Kegiatan Musrenbang Tahun 2020

Kamis, 12/03/2020 - 14:32:15 WIB
Wakil Bupati  Tubaba Buka  Kegiatan Musrenbang Tahun 2020***
 
TULANG BAWANG BARAT, (Mediatransnews) - Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) menggelar kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) 2020 dalam rangka penyusunan RKPD Kebupaten Tulang Bawang Barat  Tahun 2021, di aula Kantor Pemkab Tubaba, Rabu (11/03/2020).

Musrenbang dengan mengusung tema 'Pembangunan Infrastruktur dan Kualitas Sumber Daya Manusia Yang Berkarakter Menuju Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera, Berdaya Saing' dihadiri Wakil Bupati Tubaba, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, Ketua DPRD Kabupaten Tubaba, Gustomi Jainudin (mantan Bupati Way Kanan) Anggota DPD RI, Camat, Lurah,  Kepalo Tiyuh (Kepala Desa).

Dalam sambutan Bupati Tulang Bawang Barat, Umar Ahmad, SP yang diwakili Fauzi Hasan, SE mengatakan, penyelenggaraan Musrenbang ini merupakan mekanisme perencanaan tahunan dalam rangka mengakomodir kepentingan masyarakat sekaligus sebagai wadah partisipasi untuk menghasilkan rencana program dan kegiatan pembangunan yang lebih aspiratif dan  transparan serta dapat dipertanggung-jawabkan.

"Kami bersama jajaran Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat bersama DPRD sampai saat ini masih tetap konsisten untuk meningkatkan pelayanan di semua sektor dalam rangka mewujudkan Tulang Bawang Barat Maju, Sejahtera dan Berdaya Saing sebagai Visi Kabupaten Tulang Bawang Barat yang menjadi cita-cita kita bersama", kata Fauzi Hasan.

Menurutnya, pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan untuk mencapai suatu kondisi ideal yang dinginkan. Perubahan dapat terjadi dalam berbagai bentuk, baik itu melalui pengadaan prasarana, penciptaan atau penataan struktur, atau pun pembentukan mentalitas.

"Pembangunan merupakan suatu proses transformasi dari kondisi aktual yang dirasakan masih kurang kepada kondisi ideal yang diharapkan dapat dipenuhi. Keberhasilan suatu program pembangunan haruslah diawali dengan perencanaan yang terarah, cermat dan terukur," ungkapnya.

"Pada hari ini, kita melaksanakan Musrenbang dalam rangka penyusunan perencanaan pembangunan untuk tahun 2021 mendatang, atau lebih dikenal dengan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2021," sambung Wabub Tubaba.

Fauzi Hasan juga menjelaskan, pelaksanaan Musrenbang pada hari ini adalah lanjutan proses Musrenbang di masing-masing tiyuh yang telah dilaksanakan pada bulan Januari 2020. Dilanjutkan dengan Musrenbang di tingkat Kecamatan pada tanggal 28 Januari sampai dengan 05 Februari 2020 serta Forum SKPD pada tanggal 26 Maret 2020.

Fauzi juga mengakui saat mencermati hasil-hasil pembangunan pada tahun sebelumnya, terutama dilihat dari pembangunan Kabupaten Tulang Bawang Barat lima tahun terakhir, telah mengalami perkembangan yang cukup membanggakan.

"Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tulang Bawang Barat masih didominasi oleh sektor pertanian dan perkebunan disamping usaha-usaha lain seperti perdagangan, peternakan dan UKM.

 Berdasarkan besarnya peran kelompok ekonomi  tersebut di atas, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat bertekad untuk memperbaiki sektor Infrastruktur, Penunjang Perekonomian dan pengembangan Ekowisata dan Pelestarian Budaya," ujar Fauzi.

Untuk mencapai cita-cita maju, sejahtera dan berdaya saing, Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat telah menyusun prioritas pembanguna satu tahun kedepan yang terdiri Pembangunan Infrastruktur Yang Berkualitas, Pembangunan Sumber Daya Manusia yang Berkarakter Melalui Peningkatan Aksebilitas dan Kualitas Pelayanan Dasar, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Ekonomi Rakyat, Pengembangan Ekowisata dan Pelestarian Budaya dan Reformasi Birokrasi.

Adapun sasaran makro dari penyusunan RKPD 2021 ini adalah Pertumbuhan Ekonomi : 5,5  5,7%. Tingkat

Kemiskinan : 6,24%. Tingkat Pengangguran Terbuka : 3,48%. Indeks Pembangunan Manusia : 66,27%. Rasio Gini : 0,26  0,28%. Inflasi : 2,21%. Pendapatan per Kapita : Rp47,19 juta.

Dengan demikian, lanjutnya, penempatan pembangunan sektor Infrastrukur, Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayan Ekonomi Kerakyatan dan Ekowisata yang berbasis pada pertanian, perkebunan, peternakan, perdagangan dan pemberdayaan masyarakat  yang ditopang dengan pemanfaatan Dana Desa yang semakin besar setiap tahunnya serta peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik diharapkan sasaran tahun 2020 dapat terwujud.

Pembangunan tidaklah menjadi tanggung-jawab pemerintah semata, meskipun domainnya berada pada pemerintah. Namun, keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian indikator pembangunan.

Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, proses pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan.

Untuk itu pembangunan haruslah menjadi milik bersama, harus ada rasa memiliki oleh semua pihak, sehingga keberhasilan dan keberlanjutan pembangunan dapat terjaga.(Rasyid/ADV)***





Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved