Kebakaran Hutan Dan Lahan

Kini Karhutla Di Tasik Serai Barat Tinggal Pendinginan

Kini Karhutla Di Tasik Serai Barat Tinggal Pendinginan***
BENGKALIS, (Mediatransnews) - Luas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dengan luas 10 hektar di Desa Tasik Serai Barat, Kecamatan Talang Muandau, Kabupaten Bengkalis, Riau berhasil dipadamkan, Sabtu (18/01/20) kemarin.

Area yang terbakar merupakan semak belukar di lahan gambut, berlokasi perbatasan dengan Dusun IV Suka Damai Desa Bukit Kerikil, Kecamatan Bandar Laksamana,

Kendatipun api dapat ditaklukan, namun Satgas Karhutla Kabupaten Bengkalis terus berjibaku melakukan pendinginan total di wilayah karhutla tersebut.

Demikian disampaikan Kapolres Bengkalis, AKBP Sigit Adiwuryanto melalui Kapolsek Pinggir, Kompol Firman V.W.A Sianipar, Minggu (19/01/20) siang.

"Api sudah bisa dipadamkan, dan tidak ada titik api. Namun, hari ini kita masih berada di lokasi guna melakukan pendinginan total di bekas lahan terbakar yang masih mengeluarkan asap tipis, "kata Kompol Firman Sianipar.

Tambah Kompol Firman Sianipar, kebakaran terjadi di lahan gambut sejak Rabu, 15 Januari 2020 silam dapat dipadamkan setelah satgas karhutla berjibaku melakukan pemadaman dan pendinginan.

"Dan kita juga melakukan pencegahan jalar api dengan pembuatan parit kanal di lokasi areal yang terbakar tersebut, bersama tim Satgas yang tanpa lelah melakukan pemadaman api, "terangnya lagi.

Dijelaskan, dalam penanganan pemadaman ini, personil Polsek Pinggir, juga dari Sat Sabhara Polres Bengkalis dipimpin Kasat Sabhara AKP Basukin yang totalnya sebanyak 12 orang.

"Untuk jumlah petugas yang memadamkan api di lokasi mencapau 50 orang, diantaranya dari pihak TNI-Polri, Manggala Agni, Damkar Pinggir, BPBD dan RPKH PT.SPA, "tutup dia.(Bp)***
TERKAIT