Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Minggu, 31 Mei 2020
INDEX BERITA

DPC IKNR Siak Hulu Bagikan Sembako Dan Masker Kepada Warga
Upaya Pemutus Rantai Covid-19, Sekda Pemkab Lampung Utara Turut Membagikan Masker
SDN 01 Semuli Raya Nyaris Ambruk, Kades Semuli Raya Angkat Bicara

Pemerintah Berikan Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III
Warga Desa Tanah Merah Terima Bantuan Tahap 2
Satgas Nias Peduli Covid-19 Riau Berbagi Kasih Dan Berkat
KJB Salurkan Bantuan Menyentuh Masyarakat
Polres Lampura Bagikan Sembako Tahap Ke Empat
Hamdani Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Minta Usut Kasus Pengusiran Wartawan
LSM Dan Masyarakat, Menduga Walikota Gusit Sebagai Benteng Sang Kades
Victor Parulian, Nafsu Proyek Tak Terbendung Pada Saat Rakyat Lapar
Polsek Siak Hulu Tangkap Pelaku Pembunuhan LJF
Kepala Desa Baru Siak Huku M, Haris CH Bagikan 300 Masker Sama Warganya
Pengurus MOI Riau Audensi Dengan Kominfo Prov Riau
Anotona Nazara, SE, Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Kampar Masa Bahkti 2019-2024


Diduga Salah Gunakan DD, Masyarakat Laporkan Edieli Batee
AN. Nazara, Akan Dilantik Sebagai Anggota DPRD Kampar Periode 2019-2024


Plt Bupati Lampura Apresiasi Kepada PT. Bank Lampung Yang Berperan Aktif
Tiga Eks Sekwan Rohil Masuk Jeruji Besi
Muhammad Sudah Dua Bulan DPO, Polda Riau Belum Temukan
Bengkalis
‎Prapid Digugurkan Hakim Bengkalis
Penasehat Hukum Akan Laporkan Ke Bawas MA

Kamis, 09/01/2020 - 22:21:15 WIB
Penasehat Hukum Akan Laporkan Ke Bawas MA***
 
BENGKALIS, (Mediatransnews) – Hakim tunggal Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis, Zia Ul Jannah Idris,SH, telah menggugurkan Praperadilan (Prapid) yang dimohonkan tersangka dugaan asusila, Husin (24) melalui Penasehat Hukum (PH) Bobson Samsir Simbolon, SH, Kamis (09/01/19).

“Kita gugurkan Prapid tersangka, karena pokok perkara sudah disidangkan pada hari Selasa (08/01/20) kemarin dengan dipimpin oleh Saudari Hakim Annisa Sitawati, SH, “terang Hakim Zia Ul Jannah siang ini ketika dihubungi.

Sementara itu, kepada sejumlah wartawan, PH Husin bernama Bobson Samsir Simbolon usai sidang menilai, bahwa Hakim yang mensidangkan Kliennya tersebut, memaksakan diri  Prapid yang diajukan oleh pemohon untuk bisa digugurkan.

Alasannya, sidang perdana praperadilan dilakukan pada hari Kamis, 02 Januari 2020 pekan lalu, dengan agenda bacaan dari pemohon. Setelah itu seharusnya sidang masih ada waktu lima hari untuk menghadirkan saksi-saksi, serta agenda duplik dan replik dari  pemohon dan termohon.

“Namun hal itu tidak dilakukan oleh Hakim. Tapi dengan tiba-tiba pada hari ini sidang digelar dengan agenda langsung putusan, dan menggugurkan Prapid kita, dengan alasan pokok perkara sudah masuk persidangan, “terang Bobson.

Sedangkan, lanjutnya, perkara tersebut dilimpahkan JPU ke PN pada hari Jum’at, 03 Januari 2020 pekan lalu. Namun pada hari Rabu 08 Januari kemarin langsung dibuka sidang bacaan dakwaan dari JPU.

“Tapi sidang tersebut ditunda dan dilanjutkan pada hari Rabu, 15 Januari pekan mendatang, lantaran kita sebagai PH klien (terdakwa-red) tidak hadir dalam sidang tersebut. Seharusnya sidang bacaan dakwaan dari JPU tidak berlaku. Tapi kenapa menjadi alasan Hakim menggugurkan Praprid yang kita ajukan, sedangkan sidang perdananya belum berlaku, “tambah Bobson.

Dan seharusnya, ungkap dia lagi, pihak Hakim memberi ruang seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mencari keadilan. Bukan malah memaksakan diri perkara tersebut dijadikan perkara Pidana, sedangkan prosesnya Praperadilan masih berlangsung.

“Oleh karena itu, atas putusan yang sepihak tersebut, kita serius akan menyurati Badan Pengawas Mahkamah Agung (Bawas MA), Komisi Yudisial (KY) pusat dan Komnasham, agar bisa menindaklanjuti putusan Hakim ini, “tegas Bobson.

Menurutnya, Prapid tersebut dilakukan, lantaran pihak Polsek Mandau dalam memeriksa, menetapkan tersangka dan menahan kliennya tidak ada Pendamping Hukum (PH). “Dan yang perlu dipastikan, bahwa klien saya tidak pernah melakukan asusila seperti yang dituduhkan mereka, “tutup Bobson lagi. (Bp)***



() Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved