Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Kamis, 28 Mei 2020
INDEX BERITA

DPC IKNR Siak Hulu Bagikan Sembako Dan Masker Kepada Warga
Upaya Pemutus Rantai Covid-19, Sekda Pemkab Lampung Utara Turut Membagikan Masker
SDN 01 Semuli Raya Nyaris Ambruk, Kades Semuli Raya Angkat Bicara

Pemerintah Berikan Bantuan Untuk Peserta JKN-KIS Kelas III
Warga Desa Tanah Merah Terima Bantuan Tahap 2
Satgas Nias Peduli Covid-19 Riau Berbagi Kasih Dan Berkat
KJB Salurkan Bantuan Menyentuh Masyarakat
Polres Lampura Bagikan Sembako Tahap Ke Empat
Hamdani Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Minta Usut Kasus Pengusiran Wartawan
LSM Dan Masyarakat, Menduga Walikota Gusit Sebagai Benteng Sang Kades
Victor Parulian, Nafsu Proyek Tak Terbendung Pada Saat Rakyat Lapar
Polsek Siak Hulu Tangkap Pelaku Pembunuhan LJF
Kepala Desa Baru Siak Huku M, Haris CH Bagikan 300 Masker Sama Warganya
Pengurus MOI Riau Audensi Dengan Kominfo Prov Riau
Anotona Nazara, SE, Resmi Dilantik Menjadi Anggota DPRD Kampar Masa Bahkti 2019-2024


Diduga Salah Gunakan DD, Masyarakat Laporkan Edieli Batee
AN. Nazara, Akan Dilantik Sebagai Anggota DPRD Kampar Periode 2019-2024


Plt Bupati Lampura Apresiasi Kepada PT. Bank Lampung Yang Berperan Aktif
Tiga Eks Sekwan Rohil Masuk Jeruji Besi
Muhammad Sudah Dua Bulan DPO, Polda Riau Belum Temukan
Daerah
Sosialisasi
Dinas DukCapil Lampura Gelar Sosialisasi Di Kecamatan Abung Semuli

Selasa, 15/10/2019 - 23:57:42 WIB
Dinas DukCapil Lampura Gelar Sosialisasi Di Kecamatan Abung Semuli
 
LAMPUNG UTARA, (MTN) - Dalam Rangka Peningkatan Validnya Data penduduk dilampura Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Capil) kabupaten lampung utara Menggelar Sosialisasi Kebijakan kependudukan kita tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan di Aula Desa Semuli Jaya kecamatan Abung semuli kabupaten lampung utara,selasa(15-10-19).

“Dalam Kegiatan sosialisasi  Tersebut Dihadiri oleh Camat Abung Semuli Rohim Pauzi.SE.MM Kapolsek Abung Semuli.dan anggota, Danramil Abung semuli dan anggota,seluruh kades Sekecamatan  abung semuli atau diwakili oleh perangkat desanya masing-masing Pj Kades Semuli jaya ,masyarakat desa semuli jaya,Sedangkan Acara Sosialisasi di Pandu langsung oleh kadis DukCapil Lampura Maspardan, SH.
 
“Dalam Penyampaiannya kadis DukCapil Lampura Maspardan,SH Melalui kabid pencatatan sipil (capil) Diah Novilia Sari,SE.MM,Berdasarkan  UU No 23Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No 24 Tahun 2013 Negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum bagi pendudukan indonesia Pencatatan sipil merupakan pengakuan negara terhadap status pribadi dan status hukum penduduk Pencatatan sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam register pencatatan sipil pada instansi pelaksana.

Register akta pencatatan sipil memuat seluruh data peristiwa penting.sedangkan kutipan akta pencatatan sipil hanya memuat sebagian data dari register akta pencatatan sipil dari 13 jenis peristiwa penting lingkup pencatatan sipil, hanya 6 jenis peristiwa penting yang diterbitkan aktanya,yaitu 1,Kelahiran 2,kematian 3,perkawinan 4,perceraian 5,pengakuan anak 6,pengesahan anak Sedangkan 6 peristiwa penting lainnya, pencatatannya dilakukan dengan membuat catatan pinggir pada register & kutipan akta capil serta peristiwa lahir mati merupakan surat keterangan lahir mati.

Pencatatan kelahiran pasal 52 perpres 25/2008 pencatatan kelahiran bagi WNI dilakukan dengan memenuhi syarat berupa,surat keterangan dokter/Bidan.nama dan identitas saksi kelahiran, KTP dan KK org tua, kutipan akta nikah/akta perkawinan orang tua, Akta kematian, kematian adalah tidak adanya secara permanen seluruh kehidupan pada saat manapun setelah kelahiran hidup terjadi adapun syarat nya, Fotocopy KTP almarhum Fotocopy KTP pelapor Fotocopy akta kelahiran/perkawinan Surat keterangan dari RS dan surat pengantar kematian dari kelurahan.

Perkawinan ikatan lahir batin laki-laki dan wanita sebagai suami dan istri,syarat pencatatan perkawinan,ktp suami istri,pas foto suami dan istri 4×6 sebanyak 4 lembar berwarna berdampingan, manfaat akta perkawinan bukti otentik perkawinan yang sah.

Pencatatan penceraian,penceraian adalah keputusan ikatan perkawianan antara suami dan istri dengan keputusan pengadilan dan ada cukup alasan bahwa antara suami dan istri tidak akan dapat hidup rukun lagi sebagai suami istri. Pencatatan pengakuan anak pengakuan anak hanya bagi anak yang orang tua nya sah melakukan perkawinan yang sah menurut hukum agama tetapi belum sah menurut negara.

Pencatatan pengesahan anak pengesahan anak hanya berlaku bagi anak yang orang tua nya telah melaksanakan perkawinan sah menurut hukum agama dan negara. Ada pun pelayanan keliling online Disdukcapil lampung utara Yang Langsung Parkir Melayani Masyarakat Setempat Dihalaman Balai Desa Semuli Jaya(Rasyid-Atma)***



() Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved