Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 16 November 2019
INDEX BERITA

PD. Sinar Mas Walau Sudah 2 Tahun Tak Miliki Izin Tetap Beroperasi
Peran FPK Riau Menjaring Aspirasi Masyarakat
Polsek Perhentian Raja Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor
DPD LAN Riau Bersama DPC LAN Pekanbaru Audensi Dengan Anggota DPD RI, Dr. Misharti
Anggarkan Dana 3 Miliar Untuk Pembuatan Turap Dan Perbaikan Air Panas Sungai
Anggota DPRD Sumut Berkat Kurniawan Laoli Angkat Bicara Terkait Meninggalnya Serda Iman Berkat Gea
Atal Depari S: Senang Dengan Keberadaan MOI
Keluarga Alm Serda Iman Berkat Gea Resmi Buat Laporan Di Denpom Nias
Ketua FPK Riau Dan Diretktur RS Awal Bros Tandatangani MoU
SD Negeri 001 Gunung Sahilan Diduga Lakukan Pungutan Tidak Wajar Kepada Murid
Zenajah Oknum TNI Serda Iman Berkat Gea Ditemukan Bekas Luka Di Tubuhnya
Pemkab Rohil Dukung Penuh Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho Di Bagansiapiapi
Pemprov Riau Dan Pemkab Rohil Bergandengan Lakukan Berbagai Upaya Perangi Narkotika
HM Harris: Pimpinan OPD Harus Fokus Mempercepat Realisasi Anggaran
Pancasila Benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia
ABG RD Bersama PN Pembobol Toko Harian Di Ringkus
Polsek Perhetian Raja Mejaring 11 Pelanggara
Pekerjaan Pembangunan SPN Polda Riau T/A 2018, Di Kerjakan Asal Jadi
AG Pengendara Sepeda Motor Meninggal Ditempat Setelah Di Tabrak Mobil Damtruk
Kapolda Riau Kunjungi Sekolah Dasar Marjinal Di Pedalaman Kabupaten Kampar
Ratusan Miliar Dana Transfer Pusat Ke Riau Dipastikan Hangus
AKBP Asep Dermawan: Patugas Boleh Beri Keringanan Bagi Masayarakat
Komisi III DPR Setujui Komjen Idham Azis Jadi Kapolri
25 Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Masa Periode 2019-2014 Resmi Dilantik
Kapten Arm Hadi Preytno, Perpindahan Dalam Tugas Bukan Hal Yang Luar Biasa
Daerah
Sosialisasi
Dinas DukCapil Lampura Gelar Sosialisasi Di Kecamatan Abung Semuli

Selasa, 15/10/2019 - 23:57:42 WIB
Dinas DukCapil Lampura Gelar Sosialisasi Di Kecamatan Abung Semuli
 
LAMPUNG UTARA, (MTN) - Dalam Rangka Peningkatan Validnya Data penduduk dilampura Dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Capil) kabupaten lampung utara Menggelar Sosialisasi Kebijakan kependudukan kita tingkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya dokumen kependudukan di Aula Desa Semuli Jaya kecamatan Abung semuli kabupaten lampung utara,selasa(15-10-19).

“Dalam Kegiatan sosialisasi  Tersebut Dihadiri oleh Camat Abung Semuli Rohim Pauzi.SE.MM Kapolsek Abung Semuli.dan anggota, Danramil Abung semuli dan anggota,seluruh kades Sekecamatan  abung semuli atau diwakili oleh perangkat desanya masing-masing Pj Kades Semuli jaya ,masyarakat desa semuli jaya,Sedangkan Acara Sosialisasi di Pandu langsung oleh kadis DukCapil Lampura Maspardan, SH.
 
“Dalam Penyampaiannya kadis DukCapil Lampura Maspardan,SH Melalui kabid pencatatan sipil (capil) Diah Novilia Sari,SE.MM,Berdasarkan  UU No 23Tahun 2006 tentang administrasi kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No 24 Tahun 2013 Negara berkewajiban memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum bagi pendudukan indonesia Pencatatan sipil merupakan pengakuan negara terhadap status pribadi dan status hukum penduduk Pencatatan sipil adalah pencatatan peristiwa penting yang dialami oleh seseorang dalam register pencatatan sipil pada instansi pelaksana.

Register akta pencatatan sipil memuat seluruh data peristiwa penting.sedangkan kutipan akta pencatatan sipil hanya memuat sebagian data dari register akta pencatatan sipil dari 13 jenis peristiwa penting lingkup pencatatan sipil, hanya 6 jenis peristiwa penting yang diterbitkan aktanya,yaitu 1,Kelahiran 2,kematian 3,perkawinan 4,perceraian 5,pengakuan anak 6,pengesahan anak Sedangkan 6 peristiwa penting lainnya, pencatatannya dilakukan dengan membuat catatan pinggir pada register & kutipan akta capil serta peristiwa lahir mati merupakan surat keterangan lahir mati.

Pencatatan kelahiran pasal 52 perpres 25/2008 pencatatan kelahiran bagi WNI dilakukan dengan memenuhi syarat berupa,surat keterangan dokter/Bidan.nama dan identitas saksi kelahiran, KTP dan KK org tua, kutipan akta nikah/akta perkawinan orang tua, Akta kematian, kematian adalah tidak adanya secara permanen seluruh kehidupan pada saat manapun setelah kelahiran hidup terjadi adapun syarat nya, Fotocopy KTP almarhum Fotocopy KTP pelapor Fotocopy akta kelahiran/perkawinan Surat keterangan dari RS dan surat pengantar kematian dari kelurahan.

Perkawinan ikatan lahir batin laki-laki dan wanita sebagai suami dan istri,syarat pencatatan perkawinan,ktp suami istri,pas foto suami dan istri 4×6 sebanyak 4 lembar berwarna berdampingan, manfaat akta perkawinan bukti otentik perkawinan yang sah.

Pencatatan penceraian,penceraian adalah keputusan ikatan perkawianan antara suami dan istri dengan keputusan pengadilan dan ada cukup alasan bahwa antara suami dan istri tidak akan dapat hidup rukun lagi sebagai suami istri. Pencatatan pengakuan anak pengakuan anak hanya bagi anak yang orang tua nya sah melakukan perkawinan yang sah menurut hukum agama tetapi belum sah menurut negara.

Pencatatan pengesahan anak pengesahan anak hanya berlaku bagi anak yang orang tua nya telah melaksanakan perkawinan sah menurut hukum agama dan negara. Ada pun pelayanan keliling online Disdukcapil lampung utara Yang Langsung Parkir Melayani Masyarakat Setempat Dihalaman Balai Desa Semuli Jaya(Rasyid-Atma)***



() Komentar

[ Kirim Komentar ]
Nama
Email
Komentar



(*Masukkan 6 kode diatas)

Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2017 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved