Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Senin, 06 Juli 2020
INDEX BERITA

Yan Prana Jaya, Mantan Kepala Bappeda Siak Yang Kini Menjabat Sekdaprov Riau Diperiksa Di Kejati Ria
Polsek Siak Hulu Berikan Bingkisan Kepada Pur Dan Warakauri
Gampangnya Pihak Disdik Dan Sekolah Merespon Surat Keterangan Domisili Dan Miskin
Masrianto Muis: Minta Kepada Pihak PT. Indomarco Agar Diterima Pekerja Bongkar Muat
Bagian Betis VL Memar Dan Membiru Dan RM Luka Di Luntut
Muflihun, Devenitif Sebagai Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Riau
Bupati Kampar Tabur 100.000 Ekor Benih Ikan
RDP Komisi II DPRD Kampar Bersama Lima Puluh Kepala Desa
Pesawat Tempur TNI AU Jatuh Di Pemukiman Warga
Gubri: Mengajak Pejabat Yang Baru Dilantik Untuk Sama-sama Bekerja Keras
Pemangkasan Dana Publikasi Mengundang Kekecewaan Madia
Terkait Kerjasama Media, Kadis Kominfo Kampar Tidak Jawab Konfirmasi Wartawan
EM Penganiayaan DH Resmi Di Tetapkan Sebagai Tersangka
A. Nazara, Anggota DPRD Kampar Kunjungi Korban Dampak Ledakan Tungku PT. RPS
Keberadaan Green Hotel Perawang Diduga Tanpa IMB Dan Izin Lainnya
Raja Adnan: Kepala Dinas Selaku Pengguna Anggaran Yang Paling Bertanggung Jawab
Diduga Akibat Pabrik Meledak, Beberapa Karyawan Cidera Dan Rumah Warga Rusak
Nias Peduli Covid-19 Riau Kembali Berbagi Kasih Dan Berkat Tahap II
Kapolres Pelalawan AKBP Indra W, S.IK Berikan Penghargaan Beprestasi
Anggota DPRD Pekanbaru Berjanji Mengusut Persoalan Bantuan Covid
Wagubri Menilai Ketahanan Pangan Merupakan Hal Penting
RN Ketua DPC BPAN, Angkat Bicara Terkait Galian C Illegal Di Rohul
Ranperda Revisi RPJMD 2017-2020 Kota Pekanbaru Ditolak Gubernur
Gerakan Nahdlatul Ulama Riau Peduli Covid-19
DPC IKNR Siak Hulu Bagikan Sembako Dan Masker Kepada Warga
Kota
Dalam Rangka HUT Ke-73 Kab.Lampura
Masyarakat Saksikan Berbagai Kegiatan Seni Budaya Dan Kendaraan Hias

Selasa, 25/06/2019 - 11:25:56 WIB
Masyarakat Saksikan Berbagai Kegiatan  Seni Budaya Dan Kendaraan Hias***
 
LAMPUNG UTARA - Pemerintah Kabupaten Lampung utara gelar atraksi seni budaya dan pawai kendaraan hias, Selain itu rangkaian kegiatan lainnya yakni bhakti sosial,sunatan masal, donor darah, juga telah dilaksanakan sebagai satu kesatuan rangkaian kegiatan meriahkan perayaan HUT Lampung Utara yang ke -73 tahun 2019.

Antraksi seni budaya dan pawai kendaraan hias yang dibuka langsung Bupati Lampura, H.Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP., M.H,  Berbagai macam jenis atraksi seni budaya dan kendaraan hias yang ditampilkan dihadapan Bupati dan Forkopimda Lampura dilaksanakan mulai dari jalan Alamsyah  Ratu Perwira Negara melewati tugu Payan mas Pinish di Pemkab Kabupaten setempat .senin (24/06/2019)

Ribuan warga masyarakat Lampura, antusias mengikuti pagelaran atraksi seni budaya dan kendaraan hias yang dilaksanakan mulai dari jalan ARPN sampai dengan jalan Jendral Sudirman kotabumi, Kegiatan tersebut menyedot perhatian ribuan pasang mata masyarakat yang ingin melihat langsung acara tersebut.

Atraksi budaya cukup menyedot perhatian masyarakat, karena tidak hanya diisi dengan arak-arakan saja. Akan tetapi juga atraksi yang ada di daerah masing-masing berasal, seperti pencak silat, pengantinan, ogoh-ogoh dan atraksi kebudayaan adat masyarakat lainnya.

Hadir pada acara tersebut Bupati Lampung Utara, H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP., M.H., Wakil Bupati Lampung Utara, H. Budi Utomo, SE., M.M., Forkopimda Kabupaten Lampung Utara, Pj. Sekda Sopyan Kabupaten Lampung Utara, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dan ribuan masyarakat sekitar.

Dalam sambutannya, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengatakan, acara atraksi budaya dan pawai budaya merupakan sarana dalam meningkatkan ukuwah dan tali silaturahmi antar komponen masyarakat. Selain itu, juga sebagai sarana dalam pelestarian budaya dan adat yang ada di masyarakat, bahwasanya Lampung Utara memiliki kekayaan adat budaya sesuai dengan asal daerah warganya masing-masing.

“Silaturahmi itu penting sebagai sarana untuk saling mendoakan, baik itu antar masyarakat maupun kemajuan Lampung Utara,” katanya.

Menurutnya, adat dan kebudayaan yang ada di Lampura tidak hanya diisi oleh suku Lampung saja, melainkan juga suku-suku lainnya. Seperti Sumsel, Padang, Jawa, Sunda, Banten dan masih banyak masyarakat ada lainnya. Dengan kekayaan adat-istiadat tersebut, pihaknya berharap tidak menjadikannya sebagai alat pemecah belah.

“Jadi perbedaan ini adalah dari Allah, Swt, mari kita jadikan alat pemersatu bangsa. Bukan malah sebaliknya, dukung terus pembangunan daerah kita guna mewujudkan Lampra maju,” Tambahnya.

Bupati Agung menjelaskan dewasa ini banyak sekali anak-anak generasi penerus bangsa yang telah lupa dengan adat kebudayaan bangsanya sendiri. Oleh karenanya, dengan kegiatan itu diharapkan dapat lebih meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya para generasi muda untuk bangga pada kebudayaannya sendiri.

“Akhir-akhir ini kita lihat anak-anak sudah tidak mengerti ataupun paham dengan kebudayaannya sendiri, karena telah tergilas dengan kebudayaan asing. Oleh karenanya penting usaha kita dalam melestarikannya bersama-sama, dan jadi keberagaman ini sebagai tali mempererat persatuan dan kesatuan bangsa. Demi Lampura yang lebih maju lagi kedepannya,”pungkasnya.

Sementara itu, Pj. Sekda Sopyan Kabupaten Lampung Utara dalam laporannya sebagai Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan tersebut melibatkan seluruh lapisan masyarakat, mulai dari satker-satker sampai dengan masyarakat biasa. Sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam meningkatkan pelestarian adat budaya yang ada dimasyarakatnya.

“Penilaiannya kita lihat dari segi kualitas penampilan, bentuk variasi dan kesesuaian tema. Dirgahayu Lampung Utara ke-73, Membangun Bersama Rakyat Menuju Lampung Utara yang Lebih Kuat, Hebat dan Bermartabat,” terangnya. (Rasyid)***



Komentar Anda :
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2020 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved