Terima Piagam Pengh

Pemkab Bengkalis Terima Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra

Pemkab Bengkalis Saat Terima Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra***
BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis menerima Piagam Penghargaan Nirwasita Tantra Award dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Award ini diberikan atas partisipasi mengikuti ajang Penghargaan Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHP). 

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bengkalis, yang diwakili Kepala Bidang Tata Lingkungan, Rafiani, Senin (18/3/2019). 

Piagam penghargaan diserahkan Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera, Amral Fery, dan diterima Kepala Bidang Tata Lingkungan, Rafiani, Kamis (14/3/2019) di Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera KLHK RI, Pekanbaru, Riau.

Nirwasita Tantra merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Menurut lulusan doktor Yamaguchi, Jepang ini, penghargaan Nirwasita Tantra dinilai berdasarkan kualitas DIKPLHD yang disampaikan oleh masing-masing daerah. 

Ada tiga tahap penilaian, yaitu penapisan kelengkapan administrasi, analisis isu prioritas daerah, dan diskusi panel berupa wawancara kepada kepala daerah serta pimpinan DPRD dengan tim independen.

Sebenarnya, kata wanita yang akrab disapai Rani ini, pemberiaan penghargaan Nirwasita Tantra tahun 2018 sebanyak 15 daerah terdiri dari 3 provinsi, 6 kota dan 6 kabupaten. 

Kelima belas tersebut menerima penghargaan, setelah dinyatakan pemenang dalam hal perumusan dan penyusunan DIKPLHP. Penghargaan berupa tropi dan piagam diserahkan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada kepala daerah pada 14 Januari 2019 lalu.

Sementera itu, daerah yang belum berkesempatan menjadi pemenang menerima piagam penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. 

Untuk Provinsi Riau, Kabupaten Bengkalis termasuk salah satu daerah yang telah mengumpulkan DIKPLHD, bersama Dumai, Pekanbaru, Pelalawan, Kuansing dan Kampar.Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) disusun oleh tim yang dibentuk kepala daerah. 

Anggotanya melibatkan unsur-unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perguruan tinggi dan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Dijelaskan Rani, meskipun Kabupaten Bengkalis belum menjadi pemenang dalam penghargaan Nirwasita Tantra, namun keikutsertaan dalam ajang ini merupakan sebuah pengalaman terbaik.

Kendati belum mampu menyumbangkan yang terbaik bagi kabupaten berjuluk Negeri Junjungan, namun pihak Dinas Lingkungan Hidup Bengkalis akan terus berupaya maksimal meningkat kan kinerja.“Kita sudah berbuat. 

Namun belum menjadi pemenang. Ini tentu akan menjadi pengalaman kami untuk memperbaiki hal-hal yang masih dirasakan kurang. Kami akan terus belajar dengan daerah lain yang meraih penghargaan Nirwasita Tantra,” ungkap Rani. (Diskominfotik/Bp)***

TERKAIT