Melalui Perkemahan Pramuka Terpadu

HM Wardan, Kita Wujudkan Pendidikan Berkarakter

HM Wardan, Kita Wujudkan Pendidikan Berkarakter***
TEMBILAHAN - Perkemahan Pramuka Terpadu dibuka secara resmi di Desa Danau Pulai Indah, Kecamatan Kempas, Jum'at (22/2/2019). Dalam pembukaan tersebut, Bupati mengatakan kegiatan tersebut akan mampu membangun karakter dari para kader Pramuka.

"Melalui perkemahan Pramuka Terpadu, kita wujudkan pendidikan berkarakter. Perkemahan pramuka Terpadu mesti terus digalakan. Sebab, kegiatan ini juga telah menjadi kebijakan Nasional," tutur Bupati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) saat membuka kegiatan perkemahan.

Bupati mengatakan, kegiatan Perkemahan Pramuka Terpadu yang ditaja di Kecataman Kempas adalah salah satu upaya kita untuk membentuk, memperkuat karakter generasi Pramuka.

"Kegiatan ini pula sebagai langkah penerapan pendidikan berkarakter yang memang harus dilakukan sejak usia dini, agar melahirkan generasi muda yang lebih bersemangat, inovatif, berkepemimpinan, berwawasan, tangkas, terampil serta menjunjung tinggi persaudaraan, ujar HM Wardan.

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, perkemahan pramuka terpadu yang telah menjadi kebijakan Nasional, secara implisit dijabarkan pula pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun Tentang Gerakan Pramuka, yang mana dikatakan bahwa pembangunan kepribadian ditujukan untuk mengembangkan potensi diri serta memiliki akhlak mulia, pengendalian diri, dan kecakapan hidup bagi setiap warga negara demi tercapainya kesejahteraan masyarakat.

"Upaya pengembangan potensi diri merupakan hak asasi manusia harus diwujudkan dalam berbagai upaya penyelenggaraan pendidikan, antara lain melalui Gerakan Pramuka," pungkas Bupati.

Dengan Perkemahan Pramuka Terpadu ini, diyakini Bupati, dapat membentuk kepribadian generasi muda sehingga memiliki pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk menghadapi tantangan sesuai dengan tuntutan perubahan kehidupan lokal, nasional, dan global dalam menghadapi dekade revolusi industri 4.0 sebagaimana yang tertuang dalam Undang undang Kepramukaan.

Bupati mengungkapkan, apresiasinya atas penyelenggaraan kegiatan Perkemahan Pramuka Terpadu dan berharap kegiatan perkemahan dapat berjalan lancar. Dia juga berpesan kepada seluruh peserta untuk terus semangat. Dan kepada segenap pengurus pramuka diharapkan dapat terus melanjutkan kegiatan perkemahan di masa masa yang akan datang.

"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah berperan dan turut berpartisipasi dalam perkemahan dan orientasi ini. Saya berharap kegiatan ini dapat terlaksana kembali pada masa yang akan datang," tuturnya.

Selain itu, Bupati juga berpesan agar seluruh kader pramuka yang menjadi peserta perkemahan agar dapat mengikuti setiap rangkaian kegiatan perkemahan dengan baik, menyerap ilmu dan menjadikannya sebagai bekal pengalaman di kemudian hari.

"Saya berharap kepada seluruh peserta perkemahan agar dapat memanfaatkan kegiatan ini dengan baik dan maksimal agar maksud dan tujuan yang kita inginkan dapat terwujud dalam rangka meningkatkan kualitas kepramukaan di indragiri hilir sekaligus kwalitas individunya masing masing," tutup Bupati.

Tampak hadir pada acara pembukaan tersebut, Ketua Komisi I DPRD Inhil, Unsur Forkopimda Inhil selaku anggota Mabicab, Ketua dan para andalan Kwarcab, Camat Kempas selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting atau Kamabiran serta peserta didik pramuka penggalang dan penegak se-Kabupaten Inhil.(ADV)***


TERKAIT