Lakukan Pemantangan Kerjasama

Walikota Tebingtinggi Lakukan Kerja Sama Dengan Walikota Toyama Jepang

Walikota Tebingtinggi Lakukan Kerja Sama Dengan Walikota Toyama Jepang
TEBING TINGGI (SUMUT) - Walikota Tebing Tinggi IR. H. Umar Zunaidi Hasibuan MM lakukan pemantangan kerjasama dengan Walikota Toyama Jepang Massashi Mori yang digagas Kementrian Dalam Negeri RI dengan Pemerintah Jepang yang berlangsung Selasa (18/9) digedung Kemendagri Jakarta.

Demikian disampaikan Kabag Humas PP H.Abdul Halim Purba, bersama Asisten Ekbang M.Dimiyathi, Kadis Pendidikan Pardamean Siregar, Kepala BPKAD Jeffri Sembiring dan Kadis Kesehatan dr.H.Nanang Fitra Aulia yang mendampingi Walikota melalui email kepada wartawan,

Pematangan kerjasama antara Pemerintah Kota Tebing Tinggi dengan Walikota Toyama Jepang diantaranya , mencakup bidang Inovasi Teknologi,bi dang Pertanian Perkotaan (urban farming), bidang inovasi Teknologi Daur Ulang sampah, bidang  inovasi Teknologi pengembangan dan pemasaran produk Unggulan UMKM , bidang inovasi Teknologi pelayanan medis Rumah sakit Umum Daerah, Bidang Kepariwisataan (RIVER SIDE CITY) ,Bidang Pendidikan Dan Kebudayaan  , bidang Peningkatan Kapasitas Jaringan Pasokan air Bersih  serta bidang sanitasi dan Teknologi Bangunan Tahan Gempa.

Dalam pertemuan yang difasilitasi Kemendagri ini, Walikota Toyama Massashi Mori menyampaikan, bahwa Kota Toyama disebut sebagai lingkungan Kota masa depan oleh pemerintah jepang dan sekarang
berusaha mensosialisasikan contoh proyek yang berhasil dalam rangka mengintegrasikan system ekonomi dan sosial berkelanjutan didalam dan diluar negeri,terutama dalam mengatasi masalah dan tantangan yang dihadapi kota-kota lain.

Dan Kota Toyama saat ini mengembangkan berbagai proyek di Indonesia dan bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Jepang  hal ini sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau system devolemen golds (SDG) yang dilahirkan dalam konfrensi PBB.

Walikota Tebing Tinggi  IR. H.Umar Zunaidi Hasibuan MM, menyampaikan terima kasih kepada Kemendagri yang melibatkan Kota Tebing Tinggi sebagai salah satu Kota di Indonesia yang dipersiapkan sebagai kota penyanggah pertumbuhan ekonomi secara nasional untuk turut dalam kegiatan kerjasama dengan Kota Toyama Jepang.

Program kerjasama dengan Kota Toyama ini merupakan suatu langkah maju untuk merealisasikan  program pembangunan Kota Tebing Tinggi ,yang bertujuan untuk menjadikan Tebing Tinggi sebagai kota jasa.

Seperti halnya jasa pendidikan, kesehatan dan umkm serta penyediaan air bersih, yang diharapkan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Tebing Tinggi, katanya.

Walikota berharap dengan pematangan kerjasama dengan Kota Toyama ini dapat menjadi percepatan pembangunan di Kota Tebing Tinggi, dan semuanya itu memerlukan dukungan dari segenap seluruh komponen masyarakat, dan institusi di kotaTebing Tinggi.(jul)***
TERKAIT