Setelah Mengabdi Selama 19 Tahun

PT Lekonindo Usir Nafe Waruwu Dari Perusahaan

Surat Ajuran dari Disnaker Siak***
PEKANBARU - Perilaku Buruk oleh perusahaan terhadap karyawannya kembali terjadi, Kali ini korbannya bernama Nafe Waruwu, pekerja di perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Lekonindo, berkedudukan di Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak. Nafe Waruwu sudah berbakti kepada perusahaan sejak tahun 1999 (19 tahun).

Kronologis kejadian sesuai Rilis berita yang diterima media ini, Kamis (24/8/2018), dari Ketua Serikat Buruh Riau Mandiri (SBRM) Herman Zai.

Bahwa pada tanggal 28 April 2018, pihak perusahaan dengan tiba-tiba menerbitkan surat Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap Nafe Waruwu, dengan alasan Dikualifikasi mengundurkan diri karena tidak masuk kerja selama 5 hari berturut-turut.

Ironisnya, surat PHK yang dikeluarkan perusahaan tanpa didahului surat panggilan secara patut dan prosedural sebelumnya.

Alasan pihak perusahaan melakukan PHK, ditolak oleh Nafe Waruwu. Menurutnya, dia tidak bekerja, bukan karena mangkir, tapi pihaknya sudah minta izin "Izin Cuti" kepada Mandornya secara lisan.

Kasus PHK tersebut akhirnya bergulir di Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Kabupaten Siak. Setelah diproses oleh Disnaker, namun tidak mencapai kesepakatan penyelesaian PHK dimaksud.

Akhirnya, Mediator Disnaker Kabupaten Siak, menerbitkan Surat Anjuran pada tanggal 07 Agustus 2018 untuk dilanjutkan ke PHI.

Belum sempat kasus tersebut didaftarkan ke Pengadilan, pada Kamis 23 Agustus 2018 kemarin, pihak perusahaan dengan beberapa personil Security yang dipimpin T. SINURAT (Humas Perusahaan) mengusir paksa Nafe Waruwu dan seluruh keluarganya untuk keluar dari rumah tempat tinggal yang biasa ditempatinya selama ini di lingkungan perusahaan.

Seluruh barang-barangnya diangkat dan diangkut keluar rumah oleh personil security dan T. Sinurat kemudian dibiarkan berada dihalaman perumahan tersebut atau ditempat terbuka.

Bahkan pintu rumah dan jendela dipalang dan dipaku mati agar Nafe Waruwu berserta keluarganya tidak kembali masuk dalam rumah.

Akhirnya sampai berita ini diturunkan, Nafe Waruwu berserta keluarganya masih berada diluar rumah tanpa tempat perlindungan untuk berteduh.

Upaya konfirmasi media kepada T. Sinurat selaku Humas PT.  Lekonindo, belum berhasil (Rls) ***
TERKAIT