Di Fasilitasi Paguyuban Nias Yang Berdomisili Di Riau

Hasil Rapat Kordinasi Pemda Nias Barat Dengan Pemda Riau

Pertemuan Antara Pemda Nias Barat  dan Pemda Pemprov riau, hadir Wakil Bupati, Ketua Komisi A, Kadis Dukcapil Nias Barat dan staff, Kepala Dinas Dukcapil dan bersama Stafnya(WA)***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Dalam pertemuan Rapat antara Pemda Nias Barat  dan Pemda Pemprov riau, di antaranya Wakil Bupati, Ketua Komisi A, Kadis Dukcapil Nias Barat dan 4 orang staff, pihak Pemprop Riau yang hadir, Kepala Dinas Dukcapil dan bersama Staff dalam hal ini turut didampingin DPD HIMNI Riau, IKNR,  IKRANIS dan Tokoh Masyarakat Nias yang ada di Riau.

Kadis Dukcapil Riau sangat mengapresiasi keseriusan dan respon positip dari Pemda Nias Barat terhadap kesulitan warga Riau asal Nias untuk mendapatkan haknya sebagai warga Negara.

Dengan adanya respon dari Nias Barat, Dukcapil Riau akan menghubungi seluruh Dukcapil Kab/kota yang ada di Riau agar dapat memfasilitasi pengurusan identitas ini.

Wakil Bupati nias barat meminta kepada Dukcapil agar segera diproses Surat Pindah berdasarkan data yang dikumpulkan melalui paguyuban dan Ormas masyarakat riau asal nias yang sudah lama berdomisili di Riau.

Kadis Dukcapil dan staff akan mengefektifkan pendataan dan proses Surat Pindah yang sudah ada datanya. Beliau minta agar data terus dihimpun dari warga Riau asal Kep Nias di Riau.

Juga diminta kepada warga agar jujur memberikan data dan bila ada kesalahan karena data ganda maka tidak diproses.

Hal ini disepakati oleh Dukcapil Riau dan Nias Barat bahwa data warga asal Kepulauan Nias yang belum ada NIK dan belum pernah merekam dapat diproses melalui Dukcapil Nias Barat.

Agar data terus dikumpulkan, bisa menyusul sampai semua sudah mempunyai data dan akan diproses Surat Pindahnya

Kalau datanya sudah masuk dan diproses di Dukcapil Nias Barat baru akan datang lagi untuk merekam, ulasnya.

Empat orang staff Dukcapil Nias Barat akan ditugaskan ke Kabupaten/Kota di Riau sampai Hari Kamis dan Jumat, 10 Nop pulang.

Tambahnya juga Diminta peran dari semua Ormas/LSM/Gereja untuk membantu masyarakat kita untuk mendata mereka, Kata Wabup.(Rls/WA)***
TERKAIT