Cegah Kejahatan Saat Transaksi Di ATM

Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK Berikan Tip Aman Bagi Masyarakat

Wakapolresta AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Menyikapi seringnya terjadi kejahatan terhadap masyarakat yang sedang bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Polresta Pekanbaru melalui Wakapolresta AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK menyampaikan himbauannya agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan saat bertransaksi di ATM. Selasa 10 Oktober 2017,

Pada kesempatan ini AKBP Edy Sumardi memberikan beberapa tips aman kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi, berikut pesannya  :

1. Usahakan menarik uang atau bertransaksi pada mesin ATM yang lokasinya dianggap aman dan ada petugas keamanan internal seperti Satpam di sekitarnya.

2. Lihat kondisi disekitar ATM apakah normal atau ada hal-hal yang aneh dan tidak biasa, seperti adanya tempelan kertas bertuliskan hubungi nomor telpon tertentu bila mengalami masalah saat bertransaksi, atau pemberitahuan lain yang diragukan kebenarannya.

3. Saat memasukkan Pin ATM usahakan posisi tombol tidak terlihat oleh camera CCTV atau orang lain yang berada disekitar anda.

4. Bila kartu ATM anda tersangkut di mesin ATM, cek kondisi lobang tempat memasukkan kartu tersebut apakah ada benda yang mengganjal atau tidak, jangan meminta bantuan kepada orang yang bukan petugas resmi, panggillah Satpam yang berpakaian dinas yang ada disekitarnya.

5. Jangan memberitahu Pin kartu ATM anda kepada siapapun, kecuali atas suruhan anda sendiri kepada orang lain yang anda percaya untuk menarik uang.

6. Jangan percaya dengan pemberitahuan lewat pesan SMS, WA, BBM atau Telepon yang menginformasikan anda mendapat hadiah dan meminta untuk membayar biaya administrasi melalui transfer ATM, atau menyuruh anda mengecek uang masuk di rekening anda atas panduan orang yang tidak anda kenal melalui telepon.

5. Jangan memberitahu Pin kartu ATM anda kepada siapapun, kecuali atas suruhan anda sendiri kepada orang lain yang anda percaya untuk menarik uang.

6. Jangan percaya dengan pemberitahuan lewat pesan SMS, WA, BBM atau Telepon yang menginformasikan anda mendapat hadiah dan meminta untuk membayar biaya administrasi melalui transfer ATM, atau menyuruh anda mengecek uang masuk di rekening anda atas panduan orang yang tidak anda kenal melalui telepon. (Aw/Mtn)***
TERKAIT