Mengeluh Gaji Di Potong

DPRD Rohil: Guru Mengeluh Gaji Di Potong Untuk Bayar Hutang

Anggota Komisi D DPRD Rohil, Budiono,S.pd***
MEDIATRANSNEWS, BAGANSIAPIAPI - Anggota Komisi D  DPRD Rokan Hilir (Rohil) menerima banyak keluhan dari guru yang ada di Kecamatan Tanah Putih dan sekitarnya.

Laporan yang di terima komisi D bahwa terjadi pemotongan gaji guru-guru honor maupun guru PNS di sekolah guna untuk menutupi pinjaman uang kepada pihak  rentenir, seperti Braders. Pada hal guru- guru tersebut sama sekali tidak ada meminjam atau kredit dengan pihak Braders.

"Kita menerima laporan, guru- guru di Tanah Putih, dan sekitarnya mengeluh, pasalnya gaji mereka di potong oleh pihak Brader melaui pihak sekolah tempat guru-guru tersebut bertugas," kata Budiono.

Budiono mengingatkan kepada pihak sekolah maupun pihak Brader agar tidak lagi melakukan pemotongan gaji guru- guru tersebut, karena mereka tidak ada hubungan apa-apa dengan Braders, terkecuali pemotongan gaji terhadap guru yang benar meminjam,itu silahkan saja," tutur Budi.

Menurutnya, jika guru-guru itu ada hubungan kredit barang atau pinjaman uang dengan pihak Brader, dengan kondisi gaji guru honor yang menurun,dan sudah seharusnya pihak yang memberikan pinjaman memberikan kelonggaran saat melakukan pemotongan pinjaman guru.

"Sekarang gaji guru honor kan turun,ada baiknya pihak kredit berikan  kelonggaran kepada konsumennya, menurunkan nilai pemotongan untuk menutupi pinjaman, penambahan waktu pinjaman misalnya," ungkapnya.

Politisi partai Gerindra itu menegaskan kepada pihak sekolah untuk tidak lagi melakukan pemotongan gaji guru yang tidak ada hubungan  apa-apa dengan pihak rentenir,seperti Braders,"pungkasnya.(Spt/Mtn)***
TERKAIT