Akibat Keterbatasan Dana

Dana Pemeliharaan Sangat Minim, Jalan Dihiasi Lobang

H Amir Husin ST, Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR kota Pekanbaru***
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Sejumlah ruas jalan di kota Pekanbaru saat ini mengalami kerusakan cukup parah. Upaya perbaikan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) atas kondisi tersebut tak bisa maksimal akibat keterbatasan dana.

Hal itu diungkapkan Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR kota Pekanbaru, H Amir Husin ST ketika dikonfirmasai Media ini , Selasa (15/08/17).

"Iya bagaimana lagi, dana "tambal sulam" kita tahun ini hanya Rp 1,5 miliar. Sementara sebelum

sebelumnya Rp 6 miliar. Kita juga risih dengan kondisi jalan kita yang dihiasi lobang. Tapi itu tadi

dana kita sangat terbatas. Dana tambal sulam 2017 kita kini sudah habis", ujarnya.

Ia mengatakan, kerusakan jalan dipicu beberapa faktor. Diantaranya, genangan air, tonase kendaraan yang tak sesuai kelas jalan dan galian kabel.

"Air adalah musuh utama jalan. Oleh karena itu agar jalan tak digenangi air masyarakat punya peran. Caranya dengan bergotong royong membersihkan saluran parit ditempat domisili masing masing.

Tak mungkin kita hanya mengandalkan pasukan kuning saja karena personilnya sangat terbatas", ucap Amir Husin.

Pemicu lainnya kata Amir Husin adalah tonase kendaraan. Ia menjelaskan, jalan yang dibangun Pemko Pekanbaru idealnya diberi portal.

Sehingga yang melintas hanya kendaraan yang sesuai kelas jalan. Pasalnya, Dinas Perhubungan tak mungkin bisa memantau semua kendaraan yang melintas di ruas jalan yang dibangun Pemko.

Demikian pula galian kabel, meski diperbaiki namun untuk mengembalikan 100 persen pada kondisi semula,tak mungkin.

Oleh karena itu, guna meminimalisir kerusakan jalan masyarakat diharapkan turut berpartisipasi melalui gotong royong di lingkungan masing  masing", ulang Amir Husin. (Aw)***
TERKAIT