Pencanangan TNI KB Kesehatan Nasional

Penduduk Aset Yang Sangat Berharga Bagi Negara

Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Sekretaris Utama BKKBN RI H Nofrijal SP MA, Irjen TNI, Letjen Setyo Sularso, Plt Bupati Rohul H Sukiman dan Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI Abdul Karim memukul gong tanda pembukaan pr
MEDIATRANSNEWS, ROKAN HULU - Sejumlah jenderal, seperti Panglima TNI diwakili Irjen TNI Letjen Setyo Sularso SIp, Pangdam 1 Bukit Barisan, Mayjend TNI Cucu Sumatri, Danrem 031/Wirabima Brigjend TNI Abdul Karim dan Kapolda Riau Irjen Pol Zulkarnain, Kamis (6/4) menghadiri pencanangan TNI KB Kesehatan Manunggal tingkat Nasional di Kabupaten Rokan Hulu.

Bertempat di halaman Kantor Bupati Rohul, tampak hadir juga, Sekretaris Utama BKKBN RI H Nofrijal SP MA, Plt Bupati Rohul H Sukiman, unsur Forkopimda Rohul, kepala dinas/badan di SKPD Rohul serta ribuan masyarakat Rohul.

Kegiatan itu dimeriahkan sejumlah penampilan, antara lain penampilan Marching Band Gita Karya Praja, Sinopsis Mars Genre BKKBN, Sinopsis Tari Persembahan dan Sinopsis Tari Massal Koba Nogori.

Terpantau, sejumlah bazar makanan tradisional dan kerajinan tangan juga dibuka di lokasi acara. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan sosial seperti, sunatan massal, pemasangan alat kontasefsi, pemeriksaan katarak dan donor darah.

Plt Bupati Rohul H Sukiman dalam sambutannya mengucapkan, terima kasih kepada TNI dan BKKBN RI, yang telah memilih daerah itu sebagai pusat pencanangan TNI KB Kesehatan Manungggal tingkat Nasional.

Pada kesempatan itu, mantan Dandim Inhil itu juga menerangkan luas wilayah, letak geografis serta pertumbuhan penduduk Rohul yang cukup pesat.

"Dalam mendukung program ini, Pemkab Rohul telah menyediakan fasilitas kesehatan, seperti RSUD, puskesmas serta rumah sakit yang tersebar di 16 kecamatan di Kabupaten Rohul," terangnya.

Dalam pada itu, H Sukiman berharap kepada TNI agar menjadi motifator program bakti sosial TNI KB Kesehatan Manunggal tingkat Nasional, khususnya di wilayah Rohul.

"Mudah-mudahan melalui kegiatan ini, TNI bisa menjadi motifator untuk menyeimbangkan perkembangan penduduk," pintanya.

Sementara itu, Sekretaris Utama BKKBN RI H Nofrijal SP MA mengapresiasi, TNI yang telah ikut mensukseskan program KB tersebut.

Sebagai salah satu nawa cita Presiden Joko Widodo, ia meminta program TNI KB Kesehatan harus tepat sasaran, hingga ke desa terpememint

Diakhir sambutannya Panglima TNI Gatot Nurmantyo diwakili Irjen TNI Letjen Setyo Sularso SIp menjelaskan, penduduk merupakan aset yang sangat berharga bagi negara.

Oleh karena itu, pemerintah dan semua elemen harus mendukung program bakti sosial itu.

"Perkembangan penduduk ini merupakan tugas segala pihak. Salah satu yang menjadi perhatian serius pemerintah adalah kualitas dan kuantitas penduduk. Untuk mewujudkan itu, perlu sinergiritas pemerintah dan elemen masyarakat," pintanya.

Jenderal bintang tiga itu juga meminta kepada TNI di koramil dan babinsa untuk membantu pihak dinas terkait, mengembangkan program KB tersebut sampai ke desa terpencil.(Mat/Mtn)***
TERKAIT