Beroperasinya Kawasan Industri

Wabup Siak: Masalah KITB Harus Diselesaikan

Wabup Siak H Alfedri saat memimpin rapat kelanjutan pembangunan KITB. (foto:hms)***
MEDIATRANSNEWS, SIAK - Wakil Bupati Siak H Alfedri menyatakan komitmen pemerintah daerah untuk bisa menyelesaikan berbagai persoalan yang menghambat beroperasinya Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) yang berada di Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.

"Kita harus menyelesaikan semua masalah, sebelum kita melanjutkan pembangunan KITB ini. Masalah yang menghambat pembangunan KITB salah satunya soal perizinan lahan dan pengolahan," kata Alfedri, saat memimpim rapat membahas kelanjutan pembangunan KITB di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Jumat (26/8/2016).

Ikut hadir pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Siak HTS Hamzah, Asisten II Syafrilenti  serta sejumlah pimpinan SKPD terkait.

Selain akan dijadikan kawasan industri, pemerintah daerah juga telah mengoperasikan pelabuhan Buton sebagai tempat bongkar muat kendaraan dari Jakarta. "Sekali-sekali ada juga ekspor produk agro ke Malaysia, Singapura dan Korea," tambahnya.

Dijelaskan Wabup, pelabuhan Tanjung Buton sangat cocok untuk dijadikan kawasan industri guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi agro, perluasan kesempatan kerja, sekaligus merelokasi industri disepanjang Sungai Siak yang sudah tercemar.

Asisten II Syafrilenti menambahkan, masalah lahan KITB, PT KITB sudah mengajukan surat untuk meminta perizinan lahan seluas 150 hektare, akan tetapi sampai sekarang baru hanya selembar kertas perizinan dan peta lahan yang ada, sehingga masih banyak persyarakatan yang harus dilengkapi.

Kemudian untuk masalah pengelolaan KITB, Pemkab Siak sudah membebaskan bagi calon investor yang sanggup untuk mengelola. "Tentu kita juga harus memutuskan dan membuat kerjasama kepada pihak yang menyanggupi untuk mengelola KITB ini," tutupnya.(rls)***   
TERKAIT