Persiapan Peringatan HLH Se Dunia

Gubri Tinjau Persiapan Peringatan HLH Se Dunia Di Siak

Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat Meninjau persiapan peringatan HLH sedunia di Siak***  
MEDIATRANSNEWS, PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) H. Arsyadjuliandi Rachman didampingi Kapolda Riau Brigjen Pol Supriyanto, Danrem 031/WB Brigjen TNI Nurendi, Bupati Siak H. Syamsuar, Wakil Bupati Alfredi dan Forkopimda Kabupaten Siak meninjau persiapan peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) se dunia tingkat nasional, Minggu (10/7/2016).

Peringatan puncak HLH se dunia tingkat Nasional tahun 2016 yang dipusatkan di Kabupaten Siak 23 Juli 2016, dijadwalkan dihadiri Presiden RI Joko Widodo. HLH sendiri diperingati tiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya.

Pada kegiatan ini, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) juga me-launching Taman Nasional Zamrud (TNZ). KLHK melalaui SK Nomor 350/MenLHK/Setjen/OLA/5/2016 tanggal 4 Mei 2016, telah menetapkan perubahan fungsi suaka margasatwa danau pulau besar/danau bawah dan hutan produksi Tasik Serkap menjadi Taman Nasional Zamrud.

"Peringatan Hari Lingkungan Hidup se dunia diselenggarkan di Kabupaten Siak dan sekaligus launching Taman Nasional Zamrud. Kami sudah meninjau persiapan-persiapanya mulai dari helipad dan tempat-tempat yang akan dikunjungi Bapak Presiden Joko Widodo," kata Gubernur Arsyadjuliandi Rachman.

Gubri menuturkan, pada rangkaian kegiatan peringatan HLH tahun 2016 di Siak, Presiden Joko Widodo juga akan melakukan pelepasan bibit ikan di sungai Siak dan penanaman pohon sekaligus meninjau Istana Siak Sri Indrapura.

Dalam menyambut HLH, Gubri juga mengajak seluruh lapisan masyarakat agar bertekad untuk memerangi perdagangan ilegal satwa liar. "Mari sambut Hari Lingkungan Hidup se dunia 2016 dengan tekad memerangi perdagangan ilegal satwa liar. Go Wild for Life," ujar Gubri Andi Rachman.

Hari Lingkungan Hidup atau World Environment Day (WED) merupakan salah satu kampanye global terbesar terkait pelestarian lingkungan hidup. WED bertujuan untuk menginspirasi setiap orang di bumi mengambil tindakan dalam melestarikan lingkungan hidup.

Turut hadir mendampingi Gubri pada kegiatan tersebut, pejabat tinggi pratama Pemprov Riau, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Ahmadsyah Harrofie, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Masperi, Kadis Kehutan Fadrizal Labai, Kepala Badan Lingkungan Hidup Yulwiriati Moesa, dan Kepala Biro Humas Darusman.

Setelah melakukan peninjauan, Gubri melanjutkan kegiatan rapat tertutup di aula rumah dinas Bupati Siak yang membahas tata cara rangkaian kegiatan HLH 2016 dan prosedur pengamanan kedatangan Presiden RI Joko Widodo.(rls)*** 
TERKAIT