Guna Menyusun RKPD

Pemkab Inhu Gelar Rapat Konsultasi Publik

Pemkab Inhu Saat Gelar Rapat Konsultasi Publik***
MEDIATRANSNEWS, INHU - Dalam rangka penyusunan rancangan awal RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Tahun 2017, Bappeda dan Litbang (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan) Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, gelar rapat konsultasi publik.

Kegiatan itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu H Agus Rianto, Selasa (29/3/2016) di Aula Bappeda dan Litbang Inhu.

Kepala Bappeda dan Litbang Inhu, Junaidi Rachmat mengungkapkan bahwa, forum konsultasi publik ini diselenggarakan untuk menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan tahun 2017 mendatang.

Sesuai dengan visi dan misi Bupati Inhu H Yopi Arianto, yakni mewujudkan Indragiri Hulu yang lebih sejahtera di tahun 2021, diharapkan penetapan kebijakan pembangunan Inhu tahun 2017 dapat terlksana.

"Bahan konsultasi publik ini berasal dari hasil verifikasi dan validasi pada usulan musrenbang kecamatan, usulan pokok-pokok pikiran hasil reses anggota DPRD serta rancangan renja SKPD," tutur Juanaidi.

"Pada tahun 2017 mendatang, ada enam prioritas pembangunan Kabupaten Inhu, diantaranya peningkatan pembangunan ekonomi berdaya saing, peningkatan SDM, penguatan dan pembangunan jaringan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan budaya, seni, olahraga dan kepemudaan dan peningkatan sarana dan prasarana pemantapan aparatur dan birokrasi pemerintah," pungkas Junaidi.

Sementara itu, dalam arahannya Sekda Inhu H Agus Rianto berharap, hasil dari forum konsultasi publik ini nantinya akan dijadikan pedoman rencana kerja SKPD.

Dengan demikian, dirinya menghimbau agar semua pihak dapat mengedepankan prinsip kepedulian dalam menentukan kebijakan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat.

"Saya harapkan konsultasi publik ini dapat menghasilan dokumen RKPD yang baik. Selain perencanaan yang harus matang, hal ini tentu didasari niat yang tulus dan lurus sehingga pelaksanaan pembangunan dapat sesuai dengan visi dan misi Bupati Inhu serta berjalan dengan baik," tegasnya.

Oleh karena itu, Sekda meminta masing-masing SKPD dapat mengangkat salah satu ikon Kabupaten Inhu yang dapat dipromosikan atau diperkenalkan hingga tingkat nasional maupun internasional, sehingga memberikan manfaat besar bagi derah, pungkasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Ketua DPRD Inhu Miswanto, Kajari Rengat Supardi, Kapolres Inhu yang diwakili Kasat Intel serta kepala dinas, kepala badan, kepala kantor, camat serta kepala bagian di lingkungan Pemkab Inhu, akademisi dan tokoh masyarakat setempat.(Rls/Wp)***

TERKAIT