Sepulang Rakor Di Jakarta

Yopi Akan Segera Kumpulkan Camat Se Inhu

Bupati Inhu H Yopi Arianto saat menghadiri Rakor di Jakarta. (Foto: Hms)***
MEDIATRANSNEWS, INHU - Bupati Indragiri Hulu, Riau H Yopi Arianto menjadwalkan akan menggelar rapat koordinasi terkait rencana aksi tim terpadu penanganan konflik sosial bersama seluruh camat yang ada di Inhu.

Hal itu merupakan tindak lanjut Rakornas tim tepadu penangan konflik sosial yang diikuti Bupati H Yopi Arianto di Hotel Bidakara Jakarta hari ini, Senin (7/3/2016).

"Hasil Rakornas ini akan saya sampaikan langsung kepada seluruh camat. Sehingga rencana aksi tim terpadu penangan konflik sosial dapat terlaksana dengan baik dan mampu meredam setiap benih konflik yang akan muncul di Inhu,” ujar Bupati H Yopi Arianto melalui Kabag Humas Setda Inhu Jawalter via selulernya, Senin (7/3/2016).

Disebutkannya, ada beberapa potensi konflik yang mungkin saja bisa terjadi di Inhu. Antara lain, terkait sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan perkebunan, konflik tapal batas wilayah, baik desa, kabupaten hingga isu menyangkut suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

  Maka dari itu, peran camat sangat penting dan strategis dan dituntut untuk mampu memetakan dan mencegah setiap potensi konflik yang memungkinkan terjadi diwilayahnya. Sehingga, sebelum terjadinya konflik, potensi itu dapat diatasi.

Masih kata Kabag Humas itu, saat ini Pemkab Inhu telah membentuk tim terpadu penanganan konflik sosial tersebut. Dengan adanya tim tersebut, diharapkan mampu meredam setiap potensi konflik di tengah masyarakat, termasuk membangun sistem peringatan dini guna mencegah dan meluasnya konflik.

"Tim terpadu ini merupakan salah satu implementasi pelaksanaan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2012 tentang penanganan konflik sosial yang harus dipedomani dalam upaya mencegah, menghentikan dan memulihkan situasi pasca konflik," tegas Jawalter.

Selain Bupati Inhu H Yopi Arianto, sambung kabag humas, ikut dalam rapat dalam rapat koorsinasi tersebut, Kaban Kesbang dan Politik Adri Bahar.(Hms/Wtp)***   
TERKAIT