Tetapkan Status Siaga III

Sejumlah Wilayah di Inhu Mulai Direndam Banjir

Tetapkan Status Siaga III ***
MEDIATRANSNEWS, AIR MOLEK - Sejumlah wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu, terutama desa-desa di pingir sungai Indragiri mulai direndam banjir, Rabu (13/1/2016). Luapan air sungai tersebut sudah merendam jalan, sekolah, pekarangan rumah serta kebun masyarakat.

Seperti di Kecamatan Pasir Penyu banjir melanda sejumlah desa, di antaranya Desa Pasir Keranji, Kelurahan Air Molek I, Desa Batu Gajah, Desa Lembah Dusun Gading dan Desa Petalongan. Di Desa Pasir Keranji, jalan utamanya sepanjang 400 meter terendam setinggi 70 cm. Kemudian pekarangan SD Negeri 015 Pasir Keranji juga terendam banjir 50 cm dan 25 unit rumah warga juga terendam.

Sedangkan di Kelurahan Air Molek I, banjir sudah merendan 20 unit pekarangan rumah warga. Sementara di Desa Batu Gajah 45 unit pekarangan rumah terendam, 3 unit di antaranya air sudah masuk rumah warga. Selanjutnya di Desa Lembah Dusun Gading, pekarangan SMPN 4 Pasir Penyu digenangi banjir dengan ketinggian 70 cm dan 36 unit rumah juga terendam. Sedangkan di Desa Petalongan 25 unit rumah juga digenangi banjir.

Pj Bupati Inhu, Kasiaruddin, Rabu (13/1/2016), menyempatkan diri meninjau banjir di Desa Lembah Dusun Gading dan sekitarnya serta berdialog dengan masyarakat. Pada kesempatan tersebut Pj Bupati berjanji akan memberi bantuan kepada daerah-daerah di Inhu yang dilanda banjir. Turut mendampinginya, Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Arifwan, Camat Pasir Penyu, diwakili Sekcam, Bambang Indramawan, Kapolsek Pasir Penyu, Kompol Ahmad Prihatin, Danramil 04 Pasir Penyu, Kapten Inf A Saragih serta beberapa Kades.

Siaga III
Kepala KPBD Inhu, Arifwan, menjelaskan banjir ini dipicur air kiriman dari Kabupaten Kuansing yang menyebabkan peningkatan permukaan air Sungai Indragiri. "Ketinggian air Sungai Indragiri kini sudah mencapai 6,40 meter dan kita sudah menetapkan status siaga tiga," ucap Arifwan.

Arifwan menambahkan, seluruh peralatan kini sudah disiapkan menyusul adanya penetapan status siaga III tersebut. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pemantauan di sejumlah posko rawan banjir di beberapa titik di Inhu. "Kita juga mengimbau masing-masing camat untuk siaga dan mengawasi wilayahnya, serta memberikan laporan terkini terkait situasi ketinggian air," jelasnya.(bdk/mk)***
TERKAIT