PD. Sinar Mas Walau Sudah 2 Tahun Tak Miliki Izin Tetap Beroperasi | Peran FPK Riau Menjaring Aspirasi Masyarakat | Polsek Perhentian Raja Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor | DPD LAN Riau Bersama DPC LAN Pekanbaru Audensi Dengan Anggota DPD RI, Dr. Misharti | Anggarkan Dana 3 Miliar Untuk Pembuatan Turap Dan Perbaikan Air Panas Sungai | Anggota DPRD Sumut Berkat Kurniawan Laoli Angkat Bicara Terkait Meninggalnya Serda Iman Berkat Gea
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Sabtu, 16 November 2019
 
Ayo Akses Informasi Publik Melalui PPID Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

PEKANBARU, (MTN) - Acara forum keterbukaan publik, dengan tema "Ayo Akses informasi publik melalui PPID untuk indonesia yang lebih baik", dalam pidato gubernur riau melalui kadis kominfo prov riau Ir. H.Yogi Getri. Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, kami menyambut baik dengan adanya kegiatan ini, dan tidak lupa kami mengucapkan selamat datang kepada Narasumber dari Kementerian Komunikasi dan Informasi RI di Bumi Melayu Lancang Kuning Provinsi Riau, yang di laksanakan di Hotel premiere Jln. Sudirman pekanbaru, Jumat 23/08/19.

Lanjut Yogi, sejarah keterbukaan informasi publik di Indonesia dimulai dari era reformasi politik tahun 1998. Ketika itu seluruh elemen masyarakat menuntut Pemerintah lebih ransparan dan melibatkan warga dalam pengambilan kebijakan, perencanaan dan pengawasan pembangunan. Salah satu elemen penting dalam mewujudkan penyelenggaraan negara yang terbuka adalah hak publik untuk memperoleh informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Setiap Badan Publik mempunyai kewajiban untuk membuka akses terhadap Informasi Publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut bagi masyarakat luas.

Melalui mekanisme dan pelaksanaan prinsip keterbukaan, akan tercipta pemerintahan yang baik, peran serta masyarakat yang transparan dan akuntabilitas yang tinggi sebagai salah satu prasyarat untuk mewujudkan demokrasi yang hakiki sekaligus pengelolaan good governance.

Harapan kita kedepan, kebebasan informasi juga diharapkan menjadi spirit demokratisasi yang menawarkan kebebasan yang bertanggung jawab. Kebebasan informasi, di satu sisi harus mendorong akses publik terhadap informasi secara luas, dan di sisi yang lain, mengacu pada perundang-undangan yang berlaku dalam membantu memberikan pilihan langkah yang jelas bagi Pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan secara strategis.

Keterbukaan Informasi Publik merupakan keniscayaan yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan. Dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik menjamin hak informasi bagi warganya. Begitu sebaliknya, Undang-Undang KIP mewajibkan kepada Badan Publik untuk menyediakan layananan informasi publik sebagai ruang layanan informasi kepada masyarakat. Layanan informasi publik harus terus ditingkatkan untuk memberikan kemudahan akses informasi bagi masyarakat yang membutuhkan informasi. Ucap Yogi.

Selamatta Simbiring Direktur tata kelola dan kemitraan komonikasi publik kementrian komunikasi. Dalam pemaparan singkatnya, Menyampaikan bahwa  Keterbukaan informasi publik sangat penting karena kerahasiaan merupakan musuh peradaban yang menghambat pendidikan politik yang mana menumbuhkan sakaan buruk serta ketidak percayaan rakyat terhadap pemarintah.

Pelaksanaan keterbukaan informasi publik hingga dapat di pastikan meningkatkan kesejehteraan rakyat, seperti di beberapa negara sejahtera dan bahagia setelah menjalankan keterbukaan informasi publik.

Yang mana tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggara negara yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah, atau organisasi non pemerinrah dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah sumbangan masyarakat, papar Yogi.

Dalam acara forum keterbukaan publik, Ayo Akses informasi publik melalui PPID untuk indonesia yang lebih baik, turut hadir,  Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Bapak Selamatta Sembiring mewakili Plt Dirjen Informasi dan komunikasi publik, Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau oleh Cecep Suriadi juga sebagai narasumber, Koordinator FITRA Riau dan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik prov riau dan Juga Perwakilan dari LSM, Tokoh Masyarakat, Akademisi,  Blogger, Mahasiswa, Karang Taruna, Pemerhati Komunitas, Insan Pers dan masyarakat lainnya.(Red)***


Index Foto |
INDEX BERITA

PD. Sinar Mas Walau Sudah 2 Tahun Tak Miliki Izin Tetap Beroperasi
Peran FPK Riau Menjaring Aspirasi Masyarakat
Polsek Perhentian Raja Tangkap Pelaku Penggelapan Sepeda Motor
DPD LAN Riau Bersama DPC LAN Pekanbaru Audensi Dengan Anggota DPD RI, Dr. Misharti
Anggarkan Dana 3 Miliar Untuk Pembuatan Turap Dan Perbaikan Air Panas Sungai
Anggota DPRD Sumut Berkat Kurniawan Laoli Angkat Bicara Terkait Meninggalnya Serda Iman Berkat Gea
Atal Depari S: Senang Dengan Keberadaan MOI
Keluarga Alm Serda Iman Berkat Gea Resmi Buat Laporan Di Denpom Nias
Ketua FPK Riau Dan Diretktur RS Awal Bros Tandatangani MoU
SD Negeri 001 Gunung Sahilan Diduga Lakukan Pungutan Tidak Wajar Kepada Murid
Zenajah Oknum TNI Serda Iman Berkat Gea Ditemukan Bekas Luka Di Tubuhnya
Pemkab Rohil Dukung Penuh Pembangunan Masjid Laksamana Muhammad Cheng Ho Di Bagansiapiapi
Pemprov Riau Dan Pemkab Rohil Bergandengan Lakukan Berbagai Upaya Perangi Narkotika
HM Harris: Pimpinan OPD Harus Fokus Mempercepat Realisasi Anggaran
Pancasila Benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia
ABG RD Bersama PN Pembobol Toko Harian Di Ringkus
Polsek Perhetian Raja Mejaring 11 Pelanggara
Pekerjaan Pembangunan SPN Polda Riau T/A 2018, Di Kerjakan Asal Jadi
AG Pengendara Sepeda Motor Meninggal Ditempat Setelah Di Tabrak Mobil Damtruk
Kapolda Riau Kunjungi Sekolah Dasar Marjinal Di Pedalaman Kabupaten Kampar
Ratusan Miliar Dana Transfer Pusat Ke Riau Dipastikan Hangus
AKBP Asep Dermawan: Patugas Boleh Beri Keringanan Bagi Masayarakat
Komisi III DPR Setujui Komjen Idham Azis Jadi Kapolri
25 Anggota DPRD Kota Gunungsitoli Masa Periode 2019-2014 Resmi Dilantik
Kapten Arm Hadi Preytno, Perpindahan Dalam Tugas Bukan Hal Yang Luar Biasa
 
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2017 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved