Polres Rohil Berhasil Amankan 15 Kilogram Narkoba Jenis Sabu | Bupati Inhil Harapkan Pembangunan Desa Berjalan Maksimal | Polres Rohil Musnahkan Kiloan Gram Barang Bukti Sabu-Sabu | BNKP Kota Pekanbaru Laksankan Perayaan Natal Dan Syukuran Tahun Baru 2019 | Pameran Home Industri Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan. | Pemerintah Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional
Follow:     Serikat Perusahaan Pers
Rabu, 23 Januari 2019
CATATAN REDAKSI
Praktisi Hukum
Eprisman Nduru, Menilai Tatakelola Perparkiran Ada Yang Janggal
Selasa, 11/09/2018 - 21:55:05 WIB

PEKANBARU - Perpakiran adalah salah satu lahan usaha bagi pengelola perpakiran dibawah kendali pemerintah daerah untuk menggenjot penghasilan asal daerah (PAD), dibalik itu tatakelolanya seharusnya juga menjadi tanggung jawab pengelola dan tanggung jawab dinas terkait.

Eprisman Ndruru, S.H, berpendapat bahwa kehilingan kendaraan di areal parkir bisa di tuntut secara hukum perdata dan Pidana, berikut analisa Hukumnya menurut Eprisman Ndruru:

Kehilangan kendaraan di lokasi parkir pasti tidak diinginkan pemiliknya. Dalam praktik, memang umum ditemui pengelola parkir yang memasang tulisan "kehilangan barang bukan menjadi tanggung jawab pengelola parkir" di lokasi parkir sebagai bentuk pengalihan tanggung jawabnya atas kendaraan yang hilang atau barang yang hilang dalam kendaraan.

Pencantuman tulisan seperti di atas pada karcis atau lokasi parkir yang berisi pernyataan bahwa tidak bertanggung jawab atas kehilangan dikenal dengan klausula baku. Berdasarkan Pasal 18 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”) pencantuman klausula baku oleh pelaku usaha yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha adalah dilarang, dan berdasarkan Pasal 18 ayat (3) UUPK klausula tersebut dinyatakan batal demi hukum. Lebih jauh simak artikel MA Tetap ‘Larang’ Pengelola Parkir Terapkan Klausula Baku.

Dalam hal hilangnya kendaraan milik konsumen, pemilik tempat parkir tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja. Pemilik tempat parkir dapat digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan Pasal 1365, 1366, dan 1367 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”).

Pasal 1365
Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Pasal 1366
Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan kelalaian atau kesembronoannya.

Pasal 1367
Seseorang tidak hanya bertanggung jawab, atas kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan orang-orang yang menjadi tanggungannya atau disebabkan barang-barang yang berada di bawah pengawasannya.

Selain itu, dalam Putusan MA No 3416/Pdt/1985, majelis hakim berpendapat bahwa perparkiran merupakan perjanjian penitipan barang. Oleh karena itu, hilangnya kendaraan milik konsumen menjadi tanggung jawab pengusaha parkir (lihat artikel artikel Carrefour Digugat Konsumen Parkir).

Di sisi lain, secara pidana, ada Pasal 406 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) yang menentukan bahwa:

"Barang siapa dengan sengaja dan melawan hukum menghancurkan, merusakkan, membikin tak dapat dipakai atau menghilangkan barang sesuatu yang seluruhnya atau sebagian milik orang lain, diancam dengan pidana penjara paling lama dua tahun delapan bulan atau pidana denda paling banyak empat ribu lima ratus rupiah".

Akan tetapi, dalam pasal tersebut ada unsur “dengan sengaja” yang harus dipenuhi. Sehingga, jika pemilik tempat parkir tidaklah sengaja menghilangkan kendaraan (dalam hal ini motor), melainkan lalai, maka tidak dapat dituntut atas dasar Pasal 406 ayat (1) KUHP. Tentunya unsur kelalaian atau kesengajaan ini kemudian harus dibuktikan dalam proses pembuktian di pengadilan.

Umumnya, pemilik kendaraan atau pengguna jasa tempat parkir lebih mengutamakan untuk memperoleh ganti kerugian atas kerugian yang dialaminya, yakni hilangnya kendaraannya. Oleh karena itu, penyelesaian melalui jalur perdata lebih banyak dipilih untuk memperoleh ganti kerugian. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para pihak untuk menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan.

Jadi, pemilik atau pengelola tempat parkir harus bertanggung jawab terhadap kendaraan yang telah dititipkan kepadanya, dan konsumen parkir yang dirugikan karena  kendaraannya hilang di lokasi parkir dapat menggugat pemilik atau pengelola tempat parkir secara perdata.
Semoga bermanfaat..... Salam.

Penulis: Praktisi hukum Eprisman


INDEX BERITA

Polres Rohil Berhasil Amankan 15 Kilogram Narkoba Jenis Sabu
Bupati Inhil Harapkan Pembangunan Desa Berjalan Maksimal
Polres Rohil Musnahkan Kiloan Gram Barang Bukti Sabu-Sabu
BNKP Kota Pekanbaru Laksankan Perayaan Natal Dan Syukuran Tahun Baru 2019
Pameran Home Industri Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan.
Pemerintah Pusat Akan Jadikan Inhil Kluster Kelapa Nasional
Wabup Inhil Sambut Kedatangan Dandim
Pemkab Inhil Tandatangani Nota Kesepemahaman RPJMD
H. Said, Ketua DPC HNSI Inhil Tinjau Potensi Siput Laut Sebagai Komoditas Ekspor
Bupati HM Wardan Mengajak Masyarakat Menjaga Taman
Sambut Kunjungan Kerja Menko Kemaritiman RI Di Techno Park Pelalawan
Bupati Inhil Resmi Buka Sosialisasi Pengelolaan Keuangan Desa
Bupati Inhil Pimpin Apel Gelar Senja Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil
Bupati Di Wakili Sekda Menutup Turnamen Bola Volli
Ketua DPD HIMNI, Drs Sozifao Hia M.Si Sampaikan persoalan KTP kepada Presiden RI
HM Wardan Sangat Berterimakasih Kepada Pemerintah Pusat
Wardan Sangat Berterimakasih Kepada Pemerintah Pusat
Wardan Sangat Berterimakasih Kepada Pemerintah Pusat
Bupati Hadiri Festival Mancokan Komunitas Emak-Emak Sehat Inhil
Kapolres Rohil Serahkan Kenderaan Roda Dua Kepada Polsek
Pemerintah Kabupaten Siak Menerima Anugerah Adipura Ke 4
Bupati Inhil Sambut Baik Gelaran Festival Kuliner 2019
Sekda Inhil Duduk Bareng Kaum Muda Dan Aktivis Mahasiswa
Polres Rohil Kembali Salurkan Zakat Profesi Personil
Bupati Waykanan Lantik Kepala Kampung TIUH BALAK II Kec. Gunung Labuh
Redaksi | Advertorial
PEDOMAN MEDIA CYBER
Copyright 2013 - 2017 PT. Noah Mifaery Pers, All Rights Reserved